Mengapa Harus Belajar Geografi, Ternyata Ini 5 Alasan Pentingnya




Kelabba_maja
Pemandangan Kelabba Maja yang dijuluki Grand Canyonynya Indonesia (KalderaNews.com/geomagz.geologi.esdm.go.id)

JAKARTA, KalderaNews.com – Bila terdengar kata geografi, orang pasti akan berpikir tentang peta. Namun, sebenarnya lebih dari itu. Untuk mengetahui manfaat penting dan alasan kuat mempejadi geografi, terlebih dulu kita harus paham apa yang dipelajari dalam mata pelajaran satu ini.

Geografi merupakan salah satu studi mengenai tempat, lanskap, lingkungan, dan orang serta bagaimana mereka saling memengaruhi satu sama lain dari waktu ke waktu hingga masa kini. Pelajaran satu ini menggabungkan ilmu alam (geografi fisik) dan ilmu sosial (geografi manusia) dengan cara yang tidak dapat dilakukan oleh bidang sains lain.

BACA JUGA:

Setidaknya inilah lima alasan penting mempelajari geografi bagi pelajar sekolah menengah.

  1. Untuk mempelajari dan memahami bagaimana sistwm fisika dasar dunia bekerja, dan pengaruhinya terhadap kehidupan sehari-hari kita. Misalnya peran matahari dalam menyediakan panas dan kehidupdan di bui serta bagaimana angin dan arus laut memengaruhi cuaca. Hal ini tidak hanya membantu kita memprediksi dan mempersiapkan diri dengan baik baik untuk cuaca buruk, tetapi juga bagaimana kita dapat menggunakan sumber daya bumi untuk keuntungan kita.
  2. Geografi dapat kita pakai sebagai sarana untuk mempelajari bidaya lain, tempat tinggal mereka, dan bagaimana lokasi dan iklim dapat memberikan pengaruhi terhadap gaya hidup mereka. Hal ini dapat membantu kita memahami perbedaan mereka serta persamaan dengan yang kita miliki.
  3. Alasan ketiga adalah memiliki pemahaan yang lebih baik tentang masyarakat dan mengapa mereka tinggal di tempat tertentu. Bagaimana urbanisasi mengubah dunia dan masyarakatnya serta mengapa satu daerah tertentu bisa lebih berkembang dibanding daerah lain. Ilmu geografi akan membantu kita memahami mengapa lokasi tententu bisa ideal untuk hidup dan mengapa yang lain tidak.
  4. Alasan berikutnya adalah untuk lebih memahami mengapa dari bagaimana saling ketergantungan global telah tumbuh. Terobosan teknologi di bidang transportasi tidak hanya membuat dunia ini terasa kecil, tetapi juga menciptakan masyarakat yang bergantung pada sumber daya eksternal. Misalya, beberapa daerah ideal untuk pertanian, sedangkan daerah lain kaya akan sumber daya alam seperti logam. Keterkaitan ruang di antara wilayah yang berbeda ini dipelajari secara praktis dalam geografi.
  5. Yang kelima adalah untuk lebih menghargai bumi sebagai rumah tempat tinggal kita dan memiliki pemahaman yang lebih baik tentang keterbatasannya. Mengetahui seberapa banyak sumber daya yang tersedia dapat dipergunakan dalam membantu kita lebih bertanggungjawab dalam mengelola dan memperlakukan wilayah kita.

Itulah lima alasan penting kita sebagai pelajar sekolah menengah harus mempelajari pelajaran geografi dengan baik. Yuk, semangat yuk!

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu!




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*