Fakta Menarik Jurusan Psikologi yang Harus Kamu Pahami Sebelum Mendaftar




Ilustrasi: Peluang Lulusan Psikologi

JAKARTA, KalderaNews.com – Jurusan psikologi merupakan salah satu jurusan favorit satu dekade belakangan ini. psikologi merupakan cabang ilmu yang sangat diperlukan untuk bisa memahami SDM (Sumber Daya Manusia).

Lulusan jurusan psikologi diperlukan banyak perusahaan dan instansi karena akan menangani sumber daya manusia. Bila kamu juga tertarik untuk mendalami profesi yang berkaitan dengan psikologi ini, pahami lima fakta menarik jurusan psikologi berikut ini.

BACA JUGA:

Saintek dan Soshum

Psikologi memiliki dua cabang dan hal ini menjadi perhitungan penting ketika kamu akan mendaftar perguruan tinggi idaman. Beberapa kampus memiliki program studi psikologi yang merupakan cabang dari sanitek atau sains dan beberapa kampus juga memiliki program studi psikologi dengan cabang soshum/humaniora.

Hal ini menjadi perbedaan siswa yang mendaftar, untuk cabang saintek siswa dari jurusan IPA bisa mendaftar dan menjadi mahasiswa psikologi saintek. Siswa jurusan dari jurusan IPS bisa mendaftar untuk menjadi mahasiswa psikologi soshum.

Karier Lulusan Psikologi

Memilih jurusan kuliah selalu berkaitan dengan karier lulusan ataupun prospek pekerjaan ke depannya. Karier lulusan psikologi memiliki banyak sekali kesempatan dalam bidang apa pun. Salah satu prospek pekerjaan yang paling terkenal dari lulusan pasikologi adalah bagian personalia atau HRD.

Selain menjadi HRD, kamu juga bisa menjadi dosen ataupun perawat kesehatan dalam masalah mental. Kamu juga dapat juga melanjutkan pendidikan di program psikologi profesi dan akan mendapatkan gelar Magister Psikologi (M.Psi).

Kuliah Selama 4 Tahun

Total waktu kuliah seorang mahasiswa psikologi adalah 8 semester atau 4 tahun. Hal ini sama seperti mahasiswa program studi S-1 lainnya dan bisa diseleseikan dalam waktu yang yang jauh lebih cepat apabila kamu mengambil program semester pendek.

Beberapa mata kuliah yang akan ditemui dalam jurusan psikologi ini psikologi perkembangan, psikologi trauma dan bencana, dan juga psikologi abnormal.

Kemampuan yang Harus Dikuasai

Kemampuan yang harus dimiliki mahasiswa psikologi dan menjadi fakta kuliah psikologi adalah kemampuan untuk bisa selalu tekun karena banyak besaran yang harus dianalisis serta berpikiran kritis agar bisa mendapatkan cara berpikir yang berbeda.

Riset adalah suatu hal yang tidak akan terjadi dan ilmu psikologi. Memiliki wawasan yang luas bukan hanya dalam hal fisiologi juga harus dimiliki sehigga memecahkan masalah menjadi jauh lebih mudah di dalam permasalahan psikologi sendiri.

Kenapa Harus Psikologi

Banyak pertanyaan mengapa psikologi menjadi pilihan ketika kuliah. Teknologi merupakan salah satu jurusan atau program studi yang tidak akan pernah pmati dan selalu dibutuhkan pada dunia kerja baik dalam sektor swasta atau pemerintahan .

Di dalam pemerintahan banyak sekali terjadi konflik-konflik yang ada baik internal ataupun eksternal dan hal ini dapat diselesaikan oleh sarjana psikologi. Kesehatan mental juga menjadi fokus dan sangat penting di dalam psikologi sehingga ini bisa alasan kuat untuk mendaftar di jurusan psikologi ini.

Itulah fakta menarik tentang lulusan jurusan psikologi yang harus kamu pahami sebelum mendaftar. Pastikan bahwa kuliah di jurusan psikologi merupakan hal yang sesuai dengan minat dan bakatmu. Sebab, empat tahun yang akan kamu habiskan untuk kuliah di jurusan psikologi tidak dapat dikatakan sebagai waktu yang singkat.

*Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*