Tip Lembur Sehat Mahasiswa, Para Pejuang Skripsi Harus Baca




Semangat dan Malas Belajar
Belajar (KalderaNews/Ist)

JAKARTA, KalderaNews.com – Istilah lembur yang biasanya dipakai untuk pekerja atau karyawan sekarang juga berlaku untuk mahasiswa. Bedanya bila karyawan lembur dibayar, tetapi mahasiswa tidak. Lembur untuk mahasiswa artinya mahasiswa harus begadang untuk menyelesaikan tugas perkuliahan.

Tugas yang banyak dari masing-masing mata kuliah membuat mahasiswa harus menyelesaikannya sebelum tenggat waktu yang ditentukan dosen. Kalau para pejuang skripsi atau mahasiswa tingkat akhir, lembur merupakan kesempatan untuk mengejar skripsi agar cepat selesai.

BACA JUGA:

Agar lembur tidak membuat kesehatanmu drop dan senantiasa tetap  fit keesokan harinya, kamu perlu tahu caranya. Inilah tip lembur sehat untuk mahasiswa dan para pejuang skripsi.

Jangan lupa makan

Fokus mengerjakan tugas atau skripsi kerap membuat mahasiswa lupa makan. Padahal makan merupakan cara mudah untuk memberikan asupan tenaga yang dibutuhkan untuk lembur. Tidak makan selain membuat tubuhmu kurang tenaga dapat juga memberikan risiko kamu terkena sakit lambung.

Makanan berkualitas

Selain tepat waktu, kamu juga harus memastikan bahwa makanan yang kamu konsumsi adalah makanan yang berkualitas. Lebih baik makan berat dengan meni seimbang daripada sekadar kenyang dari makanan kecil atau cemilan yang berkalori tinggi.

Hindari kopi dan alkohol

Bila mata merah dan ngantuk berat serta badanmu mulai terasa pegal-pegal, itu merupakan pertanda bahwa tubuhmu memerlukan istirahat. Namun, pertanda ini kerap diabaikan dan mahasiswa memilih cara lain yang mainstream yakni mengonsumsi makanan atau minuman agar kantuk hilang.

Salah satu minuman yang dipilih adalah kopi, karena kopi mengandung zat kafein yang dapat membuat kita terus terjaga. Konsumsi kafein secara berlebihan dapat membahayakan kesehatan.

Selain kopi, kamu juga harus menghindari minuman yang mengandung alcohol, karena kandungan gula yang tinggi. Konsumsi gula dalam jumlah banyak secara terus menerus dapat memberikan risiko penyakit diabetes.

Perbanyak air putih

Untuk menghindari dehidrasi, baiknya kamu menambah porsi air putih. Air putih dapat membuatmu tetap fokus, terjaga, dan mengurangi kelelahan saat sedang lembur.

Konsumsi suplemen

Jika menurutmu, asupan gizi dalam makanan keseharianmu kurang atau tidak tercukupi dengan menu yang ada, pastikan kamu mengonsumsi suplemen. Kebutuhan zat gizi pada tiap orang berbeda, untuk itu, kamu perlu konsultasi dengan dokter agar keseimbangan asupan suplemen dalam tubuh dapat terjaga.

Dari tip lembur sehat di atas, sebenarnya yang terbaik adalah mahasiswa dapat menghindari lembur dengan mengatur jadwal belajar dan mengerjakan tugas dengan baik. Karena lembur adalah mengurangi waktu istirahat, pastinya keseimbangan hidup akan terganggu.

*Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*