Webinar Parenting Tarakanita Ajak Orang Tua Kenali 4 Tanda Awal Masalah Kesehatan Mental pada Anak




CEO & Founder Personal Growth, Ratih Ibrahim, M.M di webinar parenting "Bijak Menjadi Orang Tia di Era Kehidupan Baru" yang diselenggarakan Yayasan Tarakanita pada Jumat, 10 Desember 2021.
CEO & Founder Personal Growth, Ratih Ibrahim, M.M di webinar parenting "Bijak Menjadi Orang Tia di Era Kehidupan Baru" yang diselenggarakan Yayasan Tarakanita pada Jumat, 10 Desember 2021 (KalderaNews/JS de Britto)

JAKARTA, KalderaNews.com – Pandemi Covid-19 mendatangkan masalah psikologi pada anak. Oleh sebab itu, orang tua wajib memahami dan mengenal tanda-tanda awal anak mengalami masalah mental.

“Secara umum hambatan terkait dengan pembelajaran merupakan hal yang paling ditemukan, khususnya pada anak dan remaja,” tegas CEO & Founder Personal Growth, Ratih Ibrahim, M.M di webinar parenting “Bijak Menjadi Orang Tia di Era Kehidupan Baru” yang diselenggarakan Yayasan Tarakanita pada Jumat, 10 Desember 2021.

Namun di luar pembelajaran, tegasnya, dampak pandemi Covid-19 terhadap kesehatan anak juga nyata secara fisik, kognitif, emosional, sosial dan produktivitas.

BACA JUGA:

“Jadi orang tua itu ada untungnya, yakni bisa menemani anak,” tegasnya.

Lantas seperti apa tanda-tanda awal masalah kesehatan mental pada anak? Berikut ini 4 tanda yang wajib diketahui sebagaimana diungkapkan Psikolog Klinis Ratih Ibrahim dalam webinar parenting Yayasan Tarakanita tersebut:

1). Fisik

Sakit kepala, mudah lelah, sakit perut dan diare.

2). Kognitif

Sering berpikiran negatif, sulit konsentrasi dan masalah memori

3). Emosi

Suasana hati naik turun, mudah marah dan merasa gagal dan tidak kompeten

4). Perilaku

Masalah makan, jam tidur berubah, menarik diri dari orang sekitar dan sering bertengkar dengan saudara.

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*