Prof. Dieter Genske: Kolaborator Program Magister Urban Studies UPJ dengan Segudang Prestasi




Prof. Dr. -Ing. Dieter D. Genske
Ahli geologi dan insinyur sipil asal Jerman, Prof. Dr. -Ing. Dieter D. Genske (KalderaNews/Dok. Pribadi)

TANGERANG, KalderaNews.com – Seiring dengan perkembangan zaman, mayoritas penduduk dunia kini tinggal di perkotaan. Sayangnya, masyarakat tidak sepenuhnya mengerti permasalahan perkotaan itu sendiri.

Oleh karena itu, urban studies atau studi perkotaan dirasa perlu menjadi perhatian kita saat ini. Untuk itu, Universitas Pembangunan Jaya (UPJ) berencana mengadakan Program Magister Urban Studies. Dalam pelaksanaannya, UPJ berkolaborasi dengan Prof. Dr. -Ing. Dieter D. Genske.

Prof. Dieter Genske adalah seorang ahli geologi dan insinyur sipil asal Jerman yang memiliki segudang prestasi. Genske mendapatkan gelar di bidang teknik sipil dari University of Wuppertal tahun 1980.

BACA JUGA:

Ia lalu melanjutkan pendidikannya di RWTA Aachen University hingga tahun 1985 dan lulus sebagai ahli geologi yang berkualifikasi. Pada tahun berikutnya, Genske mengejar gelar doktor di University of Wuppertal dan lulus sebagai insinyur doktoral pada tahun 1989.

Setelah pendidikannya, ia mulai bekerja sebagai rekan peneliti Humboldt di Kyoto, Jepang, kemudian sebagai manajer proyek di Deutsche Montan Technologie. Pada tahun 1994, Genske diangkat menjadi profesor di Delft University of Technology dan setelah itu ia diangkat menjadi extraordinary professor di ETH Lausanne.

Saat ini, Genske bekerja sebagai profesor geotechnical engineering and urban redevelopment di Nordhausen University of Applied Sciences dan mengajar sebagai profesor tamu di Universitas Liechtenstein. Ia juga memegang jabatan dekan pada bidang studinya.

Selain bekerja sebagai profesor, Genske terlibat dalam proyek-proyek besar, seperti proyek “EnergieWerkStadt” yang ditugaskan langsung oleh European Fund for Regional Development.

Selain karirnya yang cemerlang, Prof. Dr. -Ing. Dieter D. Genske juga telah menerbitkan banyak buku dan publikasi. Bidang penelitian utamanya mencangkup geoteknik dan geostatistik.

Sampai saat ini sudah terdapat setidaknya 108 artikel yang telah dibaca dan disitasi banyak orang. Salah satunya adalah buku yang berjudul “Urban Land: Degradation – Investigation – Remediation”. Buku ini berbicara mengenai lahan perkotaan sebagai topik kunci yang perlu diperhatikan mengingat terjadinya peningkatan urbanisasi yang tinggi di dunia.

Menurut Genske, tekanan yang meningkat pada sumber daya, terutama di lingkungan perkotaan, menuntut kesadaran seluruh sektor teknis dan politik agar tercipta solusi yang dapat diterapkan. Ekstraksi sumber daya, produksi limbah, dan konflik dalam alokasi lahan dapat menyebabkan degradasi lahan perkotaan.

Selain itu, menurutnya, efek yang dialami tidaklah terbatas pada daerah perkotaan saja tetapi berdampak bagi pedesaan. Melalui buku ini, Genske membahas secara detail mengenai degradasi, investigasi, dan remediasi lahan perkotaan, dengan harapan lahan perkotaan, termasuk sumber air dan sumber daya alam lainnya, dapat dimanfaatkan dengan cara yang tepat agar pembangunan berkelanjutan dapat tercapai.

Atas jasanya sebagai peneliti dan ilmuwan, Prof. Genske pernah menerima beberapa penghargaan, salah satunya yaitu 2012 European Scholar Prize atas perencanaan konversi energi kawasan perumahan di Hamburg dan pengetahuan mengenai pembangkit energi yang didapatkan melalui penelitian tersebut. Ia juga sering diundang sebagai pembicara dan narasumber pada berbagai acara.

Prof. Dr. -Ing. Dieter D akan hadir sebagai keynote speaker dalam acara yang diadakan oleh Universitas Pembangunan Jaya (UPJ) yaitu Humboldt Kolleg: Urban Partnership Melting Pot yang diadakan secara virtual pada 17-22 Januari 2022. Informasi mengenai aktivitas ini dapat ditemukan pada tautan berikut ini: http://consortium.upj.ac.id/kolleg.

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*