Jawa Tengah Belum Bebas Kusta, Daerah Brebes Paling Complicated

Peta Jawa Tengah
Peta Jawa Tengah
Sharing for Empowerment

SEMARANG, KalderaNews.com – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengakui penyakit kusta masih menjadi persoalan serius di Jawa Tengah. Dari 34 kabupaten/ kota di Jawa Tengah, hanya menyisakan Kabupaten Brebes yang masih belum mencapai eliminasi.

Menurut Ganjar, Brebes merupakan satu daerah yang menjadi perhatian terkait penanggulangan penyakit kusta.

“Kita turun terus. Kita cek masih ada satu kabupaten di Jawa Tengah yaitu Brebes untuk didorong. Brebes itu memang gedhe banget dan complicated. Maka mesti diberikan bantuan dari kelompok masyarakat terutama yang peduli kusta,” katanya.

BACA JUGA:

Persoalan serius lainnya terkait kusta di Jawa Tengah yakni stigmatisasi dan diskriminasi pada penyintas kusta. Ternyata stigmatisasi masih ada sehingga diskriminasi sering muncul. Ini semua butuh literasi dan harus dihapuskan.

“Kalau dulu kita mencari dan orang yang dicari tidak mau mengaku. Jauhi penyakitnya bukan orangnya, karena penularan butuh intensitas tinggi, butuh jangka waktu lama dan intensitas ketemu tinggi,” ungkapnya di acara Hari Kusta Dunia tingkat Provinsi Jawa Tengah di Grhadhika Bhakti Praja, Senin, 31 Januari 2022.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*