Sambut Hari Hutan Internasional, Inilah Daftar Kampus Swasta dengan Prodi Kehutanan




Ilustrasi: Kampus Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). (KalderaNews.com/Dok. UMM)
Ilustrasi: Kampus Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). (KalderaNews.com/Dok. UMM)

JAKARTA, KalderaNews.com – Menyambut perayaan Hari Hutan Internasional yang jatuh pada 21 Maret setiap tahunnya, para pakar mendorong untuk menggunakan produk hutan yang bersertifikat.

Dilansir dari ANTARA, tema mengenai Hari Hutan tahun 2022 ini yaitu: ‘forest and sustainable production and consumption.’ Atau hutan dan produksi serta konsumsi berkelanjutan.

Guna menyukseskan tema yang diangkat pada perayaan Hari Hutan Intrenasional 2022, maka diharapkan masyarakat untuk memberikan kontribusi dengan menggunakan produk bersertifikat seperti mebel dan kertas.

BACA JUGA:

Oleh karena itu, demi membantu pemerintah memberikan edukasi kepada masyarakat terkait penggunaan produk hutan, maka para generasi mudanya harus mendapatkan pendidikan yang baik mengenai kehutanan.

Berikut ini perguruan tinggi swasta yang memiliki prodi kehutanan di Indonesia, beserta alamatnya:

  1. Universitas Islam Makassar (UIM), berada di: Jl. Perintis Kemerdekaan No.9, RW.29, Tamalanrea Indah, Kec. Tamalanrea, Kota Makassar, Sulawesi Selatan
  2. Universitas Indonesia Timur, terletak di: Jl. Monumen Emmy Saelan, Tidung, Kec. Rappocini, Kota Makassar, Sulawesi Selatan
  3. Universitas Simalungun, kampus ini terletak di: Jl. Sisingamangaraja Barat, Bah Kapul, Siantar Sitalasari, Kota Pematang Siantar, Sumatera Utara 
  4. Universitas Muhammadiyah Makasassar, Jl. Sultan Alauddin No.259, Gn. Sari, Kec. Rappocini, Kota Makassar, Sulawesi Selatan 
  5. Universitas Muhammadiyah Malang, Jl. Raya Tlogomas No. 246 Malang – Jawa Timur
  6. Institut Pertanian Stiper Yogyakarta, Jl. Nangka II, Krodan, Maguwoharjo, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 
  7. Universitas Kapuas Sintang, Jl. YC. Oevang Oeray No.92, Baning Kota, Kec. Sintang, Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat.

Diantara 32 perguruan tinggi di Indonesia yang mempunyai prodi kehutanan, hanya 7 diantaranya yang merupakan perguruan tinggi swasta (PTS) dan selebihnya merupakan perguruan tinggi negeri (PTN) yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

Prodi kehutanan ini akan mempelajari teori dan teknologi, tentang berbagai hal tentang hutan, mulai dari ekologi hutan, satwa, ilmu tanah, fisiologi tumbuhan, sampai pengelolaan dan manajemen hasil hutan.

Sebagai ahli kehutanan, kamu bisa berkarier sebagai seorang peneliti sekaligus memberikan ilmu pengetahuan di dunia kehutanan dan berkarir di badan penelitian tingkat nasional seperti LIPI, BPPT, dan lainnya, maupun internasional seperti ICRAF, AGFOR, CIFOR, PROFAUNA, dan sebagainya.

*Jika artikel ini bermanfaat, silakan dishare kepada saudara, sahabat dan teman-temanmu.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*