5 Cara Ampuh Kelola Keuangan Lebaran, Agar Tetap Bahagia Setelah Hari Raya




Ilustrasi: Kelola uang. (KalderaNews/Ist)

 JAKARTA, KalderaNews.com –  Setelah berpuasa 30 hari lamanya, Lebaran menjadi momen yang banyak dinanti. Selain bahagia secara spiritual, kebahagiaan yang melengkapi momen Lebaran adalah diberikannya bonus tambahan berupa THR menjelang hari raya.

Lebaran juga dianggap sebagai momen yang menyerap anggaran kita paling banyak. Membeli makanan atau kue lebaran, pengeluaran mudik, beli baju baru, beli oleh-oleh untuk keluarga di kampung halaman dan masih banyak lagi yang lain.

BACA JUGA:

Agar setelah hari raya kamu tidak merana karena kehabisan uang, simak lima cara ampuh kelola uang Lebaran ini.

Tentukan anggaran

Agar tidak merana setelah hari raya, kamu harus membuat anggaran yang terperinci untuk kebutuhan hari raya ini. Ini merupakan langkah awal untuk kelola keuangan di hari raya Idulfitri. Perhitungkan semuanya dengan detail dan catatlah dengan rapi untuk menghindari lupa. Cara ini juga untuk menghindarkan kamu dari over budget yang bisa saja terjadi karena godaan diskon musim Lebaran.

Pisahkan THR dan gaji

Menerima THR pasti menggembirakan. Apalagi bila diterima menjelang Lebaran saat banyak diskon di berbagai toko. Agar tidak kalap dan lupa untuk belanja banyak hal, pisahkan uang THR dan gaji. Hal ini untuk menghindari kamu boncos  setelah Lebaran usai. Gunakan THR untuk membeli keperluan hari raya termasuk persiapan mudik.

Siapkan dana darurat

Meskipun hari raya ini tidak berlangsung lama, kamu tetap harus menyiapkan dana darurat. Dana darurat ini bisa disiapkan sebagai antisipasi saja.

Belanja sesuai kebutuhan

Banyak toko maupun lokapasar menggelar beragam diskon pada momen lebaran seperti ini, hal ini yang biasanya membuat kita kalap untuk membeli barang yang sebenarnya tidak terlalu kita butuhkan. Jangan lupa, kita telah membuat daftar kebutuhan belanja Lebaran, cek kembali apakah barang yang akan kita beli ada di dalam anggaran.

Tertib

Langkah ini yang paling penting. Setelah membuat anggaran, pastikan kamu tidak tergoda dengan beragam diskon yang ada dan tetap disiplin dengan anggaran yang dibuat, ya.

Demikian lima cara ampuh kelola uang saat Lebaran, agar setelahnya kamu tidak boncos tetap happy.

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*