Rapor Pendidikan Asesmen Nasional (AN) Temukan Perihal Perundungan

Perundungan (bullying) pada anak
Illustrasi: Perundungan (bullying) pada anak (KalderaNews/Ist)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Tim Produk Platform Rapor Pendidikan Wartek Kemendikbudristek, Lukman Edwindra memaparkan dari hasil Asesmen Nasional terkini terdapat temuan bahwa indeks karakter ternyata berkorelasi positif dengan kemampuan literasi dan numerasi.

Satuan pendidikan yang sudah memiliki indeks karakter yang berkembang serta membudaya, peserta didiknya mencapai kompetensi minimum, baik literasi dan numerasi pada kisaran 80-70%. Asesmen Nasional ini memberikan gambaran tentang kualitas pendidikan di Indonesia tidak hanya literasi dan numerasi, tetapi juga karakter.

BACA JUGA:

Lukman Edwindra melanjutkan, melalui Asesmen Nasional dari sisi survei lingkungan belajar terdapat temuan mengenai perundungan.

“Semakin paham pendidik maupun kepala satuan pendidikan akan konsep perundungan, di mana konsep-konsep perundungan itu ditanyakan dalam butir-butir Asesmen Nasional, maka semakin sedikit perundungan yang terjadi di sekolah,” imbuhnya.

Tidak hanya indikator literasi, numerasi dan perundungan saja yang terdapat dalam Asesmen Nasional, melainkan banyak indikator lainnya. Di platform Rapor Pendidikan terdapat contoh-contoh indikator yang muncul, baik dari hasil Asesmen Nasional maupun dari sumber data lainnya.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*