6 Perilaku Buruk Anak yang Tidak Boleh Dibiarkan, Orangtua Harus Peka

Anak Memberontak Melawan Orangtua
Anak Memberontak Melawan Orangtua (KalderaNews/Ist)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Masa kanak-kanak merupakan masa tumbuh kembang yang harus penuh pengawasan orangtua. Perilaku anak yang buruk harus diperhatikan agar tidak sampai memengaruhi kepribadiannya saat beranjak dewasa.

Perilaku buruk dapat terjadi karena pengaruh lingkungan, misalnya. Perilaku buruk ini tidak boleh disepelekan oleh orangtua. Inilah perilaku buruk anak yang harus diperhatikan dan tidak bisa didiamkan oleh orangtua. Orangtua harus peka dengan perilaku buruk anak ini.

BACA JUGA:

Suka marah-marah

Kebiasaan mudah marah si kecil bisa disebabkan oleh kondisi tantrum dan ia belum paham bagaimana menyatakan keinginannya dengan baik dan benar. Hal ini bisa diatasi dengan sabar ekstra, karena orangtua tidak diperkenankan membalas juga dengan amarah. Ajak anak untuk berbicara dari hati ke hati dan tanyakan padanya pada yang ia mau. Terguran yang tidak disertai emosi umumnya dapat memberi respon positif bagi si anak.

Memotong pembicaraan

Misalnya saat orangtua mengobrol, si kecil sering tidak berhentu mengganggu dan menyela sampai orangtua mendengarkannya. Jika dibiarkan, anak bisa tumbuh menjadi anak yang suka menyela pembicaraan orang lain.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*