Guys, Kalian Kudu Tahu Nih Deretan Bulan yang Aneh di Tata Surya




Ilustrasi. Gambar Bulan Aneh dalam Tata Surya (Dok. Pixabay)
Ilustrasi. Gambar Bulan Aneh dalam Tata Surya (Dok. Pixabay)

JAKARTA, KalderaNews.com – Bulan merupakan satelit dari tata surya Milkyway, itu yang kita ketahui bersama selama ini yang berputar mengitari bumi.

Dimana bulan itu sendiri sering dinamakan orang dengan nama lunar, yang terbentuk dari gunung berapi, kawah yang sangat banyak sekali.

Demikian deskripsi mengenai kondisi bulan dari para astronot dan peneliti luar angkasa yang banyak di sebarluaskan pada berbagai media.

BACA JUGA:

Bagi kalian pecinta ilmu astronomi dan pengetahuan tentang benda-benda langit, informasi ini sangat cocok buat kalian peljari dan telaah lagi lebih dalam.

Dirangkum dari berbagai sumber, ternyata bulan masih ada dalam tata surya di lain langit yang luas itu.

Proses pembentukannya bulan tersebut hampir tidak jauh berbeda dengan bulan yang kenal dalam tata surya Milkyway.

Dari penelitian para ahli, dapat disimpulkan setidaknya ada 10 bulan-bulan dalam tata surya sebagai bulan yang aneh.

Berikut ini daftar 10 bulan-bulan aneh yang perlu kalian ketahui:

Enceladus

Enceladus merupakan bulan salah satu  benda langit yang banyak diperdebatkan di dunia saat ini. Lantaran pernah ditemukan gumpalan besar air yang meletus ke luar angkasa di sepanjang celah di bagian selatannya.

Akibat aktivitas Enceladus itu, para ahli sepakat menyatakan bahwa bulan Enceladus ini adalah dunia yang aktif.

Callisto

Callisto mungkin tidak terlalu asing di telinga kita ya, karena dia merupakan satelitnya planet Jupiter. Permukaannya Callisto ini gelap yang ditutupi kawah sampai batas jarak pandang.

Dactyl

Ini merupakan sebuah asteroid yang kemudian ditetapkan sebagai planet minor dengan ukuran 1,6 KM. Diperkirakan bulan jenis ini telah terbentuk sejak 1-2 miliar tahun lalu.

Iapetus

Laeptus dikelilingi oleh pegunungan khatulistiwa yang tingginya sekitar 13 KM dan membentuk si bulan satu ini seperti buah kenari.

Nereid

Nereid merupakan bulan kedua yang ditemukan mengorbit Neptunus dan dikenal karena muncul dari orbitnya secara ekstrim. Adapun jarak antara Nereid ke Neptunus sekitar 1,4 juta KM – 9,7 juta KM. Jauh juga yaa, Guys..

Io

Bulan Io ini adalah bulan yang termask paling besar dari bulan yang mengorbit planet Jupiter. Permukaannya cantik, berwarna merah, kuning dan coklat namun mematikan sebab penuh dengan mineral aneh.

Hyperion

Permukaan Hyperion ini seperti spons atau layaknya batu karang yang berlubang-lubang banyak dan bentuknya agak eksentrik, yakni tidak bulat. Salah satu teori yang menjelaskan tentang si bulan Hyperion ini adalah dimana ia merupakan sisa satelit yang lebih besar yang pernah mengorbit antara Titan dan Iapetus.

Titan

Seperti yang banyak diketahui banyak orang, bahwa Titan merupakan bulan terbesar milik Saturnus.

Menariknya, kondisi Titan ini menurut para peneliti hampir mirip dengan iklim Bumi. Dimana Titan tempat untuk metana berubah bentuk menjadi gas, cair dan padatnya dikatakan mirip dengan siklus metana dengan siklus air  yang membentuk iklim Bumi.

Miranda

Miranda merupakan bulan yang nyaris rata tanpa lubang-lubang dan bentuknya seperti bentuk V paralel seperti chevron.

Mimas

Peneliti NASA menyebutkan bahwa Mimas ini telah ditemukan pada tahun 1789 yang dinamai oleh William Herschel. Anehnya lagi, ketika ilmuwan menyebarluaskan bentuk bula Mimas, orang-orang menyebutnya mirip dengan Death Star dari Star Wars.

Diantara semua bulan aneh diatas, mana yang paling aneh menurutmu?

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*