Gempa Bumi Megathrust Jawa dan Sumatera, Dampak Lebih dari Tsunami di Aceh




Ilustrasi Tsunami
Ilustrasi Tsunami (Ist)

JAKARTA, KalderaNews.com – Wilayah Jawa Barat di bagian Selatan dan Barat Daya Sumatra menyimpan potensi Gempa Bumi Megathrust.

Belum diketahui pasti kapan Gempa Bumi Megathrust akan terjadi, namun kewaspadaan terhadap ancaman tsunami dan upaya mitigasinya perlu lebih serius dan segera dilakukan.

Pakar Tsunami BRIN, Widjo Kongko menanggapai hasil penelitian terbaru yang telah dipublikasikan dalam Jurnal penelitian Pepen Supendi dan tim dari BMKG yang berjudul “Natural Hazards” tentang potensi tsunami dari gempa megathrust di selatan Pulau Jawa.

BACA JUGA:

Hasil penelitian ini yang telah terbit bulan Oktober lalu, menyebutkan bahwa Gempa Bumi Megathrust dengan magnitude 8.9 dapat berpotensi tsunami dengan ketinggian gelombang mencapai 34 meter.

Potensi tsunami ini patut diwaspadai khususnya bagian Selatan Jawa dan Barat Daya Sumatra, dan perkiraan tsunami akan menjalar melalui Selat Sunda memasuki Pantai Utara Jawa dan Tenggara Timur Sumatra.

Widjo juga menyebut bahwa dampak yang ditimbulkan akan lebih besar dibandingkan dengan kejadian Tsunami di Aceh.

“Oleh karena itu, perlu adanya upaya mitigasi dan peningkatan kewaspadaan dan khususnya sistem peringatan dini dan jalur serta tempat evakuasinya,” jelasnya.

Adapun definisi Gempa Megathrust menurut EOS Science News By American Geophysical Union adalah pecahnya batas lempeng yang terjadi di bidang kontak dua lempeng tektonik yang bertemu di zona subduksi.

Akibat adanya gerakan relatif antar lempeng tidak terbendung dan tekanan terkumpul di area dua lempeng, sehingga pelepasanya melalui gempa dahsyat yang disebut Megathrust.

Ia menegaskan hasil penelitian ini harus ditanggapi serius karena dampaknya berpotensi katastropik dan luar biasa. Daerah tepi pantai di seluruh kepulauan khususnya daerah Jawa dan Sumatera serta negara–negara sekitar Samudera Hindia perlu waspada dan meningkatkan upaya mitigasinya.

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu!




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*