Inilah Makna di Balik Logo Peringatan Hari Pahlawan 2022

Makna logo peringatan Hari Pahlawan 2022. (Ist.)
Makna logo peringatan Hari Pahlawan 2022. (Ist.)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Kementerian Sosial RI telah merilis logo dan tema memperingati Hari Pahlawan, 10 November 2022.

Tema yang diusung pada peringatan Hari Pahlawan tahun 2022 adalah “Pahlawanku Teladanku”.

Peringatan Hari Pahlawan adalah untuk mengenang kembali jasa dan perjuangan para pahlawan yang telah berjuang untuk mengusir penjajah dari bumi Indonesia, puncaknya pada peristiwa heroik di Surabaya tahun 1945 banyak korban yang berjatuhan.

BACA JUGA:

Nah, inilah makna di balik logo peringatan Hari Pahlawan 2022:

  • Kepal Tangan: Tangan mengepal melambangkan semangat juang dan perlawanan pahlawan dalam menolak ketidakadilan dan kezaliman para penjajah.
  • Perisai Pancasila: Kepal tangan berbentuk seperti perisai Pancasila bermakna pahlawan sebagai anak bangsa rela menumpahkan darahnya demi mempertahankan kemerdekaan dan tanah air dari penjajah.
  • Simbol Cinta: Simbol ini dalam budaya pop sering diutarakan untuk menandakan rasa cinta. Sama seperti pahlawan, mereka rela berkorban karena ada perasaan cinta terhadap bangsa dan tanah air.
  • Bambu Runcing: Bambu runcing merupakan senjata yang digunakan untuk melawan penjajah pada masa kolonialisme. Senjata bambu runcing menjadi saksi bisu sejarah bahwa para pahlawan bangsa pernah berjuang dan melakukan perlawanan untuk mendapatkan kemerdekaan yang seutuhnya.

*Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu!




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*