Ternyata, Indonesia Punya Peran Penting dalam Piala Dunia 2022, Ini Buktinya!




Al Rihla, bola resmi Piala Dunia 2022. (Ist.)
Al Rihla, bola resmi Piala Dunia 2022. (Ist.)

JAKARTA, KalderaNews.com – Sepak bola tanpa bola, apa jadinya? Apalagi Piala Dunia tanpa ada bola, pastilah tidak bisa. Di situlah peran penting Indonesia!

Peran penting Indonesia dalam ajang Piala Dunia 2022 di Qatar dihadirkan dengan Al Rihla, bola resmi Piala Dunia 2022.

Bola resmi Piala Dunia 2022, Al Rihla, keluaran Adidas itu diproduksi di Madiun, Jawa Timur.

Adidas mempercayakan PT Global Wei Indonesia (GWI) sebagai perusahaan yang bertanggung jawab dalam pembuatan bola Piala Dunia 2022.

BACA JUGA:

Perusahaan tersebut dipercaya untuk membuat 50.000 bola Piala Dunia 2022 dengan kualitas terbaik.

Makna nama Al Rihla

Al Rihla berasal dari bahasa Arab yang berarti “perjalanan”. Ini merupakan bola ke-14 yang diproduksi PT Global Way bersama Adidas.

Lokasi produksinya berada di Indonesia dan Tiongkok. Namun sebanyak 60-70% atau lebih banyak diproduksi Indonesia.

Khusus untuk Piala Dunia 2022, bola poduksi asli Indonesia ini dikirim ke Qatar sebanyak 1 juta bola.

Memiliki teknologi canggih

Al Rihla dibuat dengan teknologi tinggi yang berfokus pada kecepatan, sehingga bola bisa bergerak lebih cepat dengan akurasi dan stabilitas yang juga sudah diukur.

Terdapat dua desain teknologi baru tersebut adalah CTR-CORE dan Speedshell. CTR-CORE adalah bagian inti bola yang inovatif didesain untuk meningkatkan akurasi dan konsistensi, mendukung permainan yang cepat dan tepat dengan retensi bentuk dan udara yang maksimum.

Sementara, Speedshell yaitu merupakan kulit polyurethane (PU) pada bola yang memiliki tekstur mikro dan makro serta dilengkapi dengan bentuk panel dengan 20 bagian terbaru, yang meningkatkan aerodinamika untuk meningkatkan akurasi, stabilitas, dan tembakan yang tajam.

Desain Al Rihla

Desain bola Al Rihla terinspirasi oleh panel perahu tradisional Dhow dan memiliki pola solid biru, merah, dan kuning, yang mewakili lanskap di Doha, Qatar.

Selain itu, Al Rihla adalah bola Piala Dunia pertama yang dibuat secara eksklusif dengan tinta dan lem berbahan dasar air.

Direktur Pemasaran FIFA, Jean-François Pathy, mengatakan Al Rihla merupakan bola pertandingan resmi yang menakjubkan, ramah lingkungan dan berkelanjutan, serta berkualitas tinggi yang diprakarsai oleh Adidas.

*Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu!




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*