BUMN Goes to Campus Sambangi Kampus Non BUMN di Medan

Staf Khusus III Menteri BUMN RI, Arya Sinulingga di acara BUMN Goes to Campus di kampus utama UNPRI, Jalan Sampul 4, Kota Medan pada Senin, 31 Januari 2023
Sharing for Empowerment

MEDAN, KalderaNews.com – Program BUMN Goes to Campus yang selama ini lebih banyak dilaksanakan di kampus BUMN kini merambah PTN dan PTS, salah satunya yakni Universitas Prima Indonesia (UNPRI) di Medan.

Acara “BUMN Goes to Campus” berlangsung di kampus utama UNPRI, Jalan Sampul 4, Kota Medan pada Senin, 31 Januari 2023 dengan dihadiri Arya Sinulingga (Staf Khusus III Menteri BUMN RI), Thomas Dwiatmanto (Direktur Utama PT Jasamarga Kualanamu Tol), LIeke Roosdianti (Direktur Eksekutif Forum Human Capital Indonesia), Mirza Nurul Handayani (Direktur Utama PT Cinere Serpong Jaya), Marshal Pribadi (CEO Privy Founder) dan para pimpinan dari 10 BUMN

Sedangkan jajaran Rektorat dan Direksi UNPRI yang menghadiri acara adalah Prof. Dr. dr. I Nyoman Ehrich Lister, M.Kes., AIFO-K.,AIFM.,Sp.KLLP, (founder UNPRI), Dr. Tommy Leonard, S.H.,M.Kn (Ketua BPH Yayasan Perguruan Tinggi Universitas Prima Indonesia), Rektor UNPRI, Prof Dr, Chrismis Novalinda Ginting, M.Kes, Penasehat UNPRI Prof. Dr. dr. Farhat, M.Ked (ORL-HNS), Sp. THT-KL (K) FICS, Para Wakil Dekan, Ketua Lembaga dan Kepala Biro, Para Dekan beserta seluruh jajarannya, dan civitas akademika UNPRI.

BACA JUGA:

Adapun 10 Perusahaan BUMN yang hadir dan membuka booth di Universitas Prima Indonesia adalah PT Jasa Marga (Persero) Tbk, PT Bank Tabungan Negara (Persero), Tbk, PT Bank Mandiri (Persero) Tbk, PT Pelabuhan Indonesia (Persero), PT Perkebunan Nusantara III (Persero), PT Kawasan Industri Medan, PT Angkasa Pura II, PT Indonesia Asahan Alumunium dan PT Pegadaian Perum Jasa Tirta I

Sekitar 1.200 mahasiswa menjadi peserta dalam kegiatan yang juga menyajikan 10 booth BUMN dan informasi tentang lowongan kerja itu.

Rektor UNPRI, Prof Dr, Chrismis Novalinda Ginting, M.Kes menegaskan di era digital ini globalisasi dan kemajuan teknologi telah mendisrupsi nilai bisnis tenaga kerja dan digital supply bisnis sehingga dibutuhkan SDM yang kompeten.

Untuk mempersiapkan dan memastikan kualitas lulusan yang inovatif dan bersaing, UNPRI terus berupaya inovatif dan menjawab tentangan melalui terciptanya kultur akademik, kolaborasi riset, kerjasama stakeholder dan pemberian beasiswa bagi mahasiswa berprestasi dan berwirausaha.

“Kami sangat berterima kasih atas kesempatan yang diberikan kepada UNPRI dan berharap kegiatan ini tidak hanya berhenti ketika acara berakhir, tapi juga berharap dapat melaksanakan kerjasama dengan Perusahaan BUMN yang ikut berpartisipasi di kegiatan ini,” kata Rektor UNPRI Prof Dr Chrismis Novalinda Ginting M.Kes.

Sementara itu, Arya Sinulingga memaparkan prospek dan potensi kerja bagi kaum milenial dan fresh graduate di BUMN. Arya menjelaskan bahwa BUMN telah mewajibkan 10% dari dewan direksi berasal dari kalangan millenial dengan 25% prosentase karyawan adalah perempuan.

Fenomena ini menegaskan komitmen BUMN untuk memberikan kesempatan dan kepemimpinan yang setara bagi kaum perempuan. Holding BUMN turut memberikan akses pendataan dan pendampingan UMKM ekonomi kerakyatan sesuai dengan visi ekonomi kreatif.

“Seperti UNPRI, rektornya perempuan, perempuan juga mampu memimpin dan mengelola sebuah institusi,” tegas Arya

Lanjut lagi, selama ini masih terdapat stigma bahwa yang bisa berkarya di BUMN hanyalah lulusan dari fakultas ekonomi, walaupun kenyataannya BUMN mempunyai diversifikasi usaha seperti rumah sakit BUMN Pertamedika yang mengakomodasi lulusan dari Fakultas Kedokteran maupun Keperawatan.

Cek Berita dan Artikel KalderaNews.com lainnya di Google News

*Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu!




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*