Kepala BMKG: Gempa Dahsyat di Turki dan Suriah Peringatan bagi Indonesia

Ilustrasi Gempa Bumi
Ilustrasi Gempa Bumi (Foto: nationalgeographic)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati mengatakan bahwa Indonesia memiliki potensi gempa dahsyat yang sama dengan Turki.

Goncangan gempa dahsyat di Turki dan Suriah dengan magnitudo 7.8, 6.7, 7.5, serta 6.8 baru-baru ini memberikan peringatan bagi Indonesia.

BACA JUGA:

“Gempa Turki menjadi pengingat bagi kita yang ada di Indonesia, yang juga merupakan wilayah yang rawan terhadap gempa yang dipicu sesar aktif terlebih gempa yang bersifat merusak akibat pusat gempa berada di permukaan yang dangkal,” kata Dwikorita.

Maka, kajian yang komprehensif mengenai zona sesar geser di Indonesia diperlukan, khususnya sesar Gorontalo dan Opak yang terletak di daerah padat penduduk.

Menurut Dwikorita yang menjadi penyebab umum keruntuhan bangunan akibat gempa bumi yaitu desain bangunan yang tidak konsisten, material dan kualitas yang kurang baik, dan perawatan yang tidak memadai.

Nah, salah satu upaya untuk mitigasi bahaya secara cepat dapat dilakukan dengan memahami potensi bahaya gempa bumi dan risikonya sehingga tidak ada korban jiwa.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*