Anak yang Gagal Tidak Perlu Motivasi dari Luar, Asalkan…

Reuni Angkatan 1973 SD Tarakanita 1 Barito di Rumah Perubahan pada Minggu 24 September 2023
Reuni Angkatan 1973 SD Tarakanita 1 Barito di Rumah Perubahan pada Minggu 24 September 2023 (KalderaNews/Dwi Astuti Nurmawati )
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Bagaimana cara memotivasi anak agar cepat bangkit saat mengalami kegagalan di sekolah atau menekuni suatu bidang? Demikian tanya seorang teman masa kecil Prof Rhenald Kasali dalam kesempatan reuni angkatan 1973 SD Tarakanita 1 Barito di Rumah Perubahan Minggu 24 September 2023.

Jawaban dari akademisi dan praktisi bisnis, guru besar bidang Ilmu Manajemen di Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia itu adalah bahwa pada dasarnya anak tidak perlu dimotivasi dari luar jika sekolah atau pekerjaan yang dipilih adalah pilihannya sendiri. 

Karena pada dasarnya manusia bertanggungjawab dan bisa melakukan secara riang gembira kalau pilihannya diambil sendiri dan cocok dengan panggilannya. Maka yang dibutuhkan adalah bagaimana sejak kecil, anak-anak tahu arahan dirinya. Anak-anak juga perlu diberi peran dan tanggungjawab dari hal yang kecil untuk mengasah rasa tersebut.

BACA JUGA:

Anak-anak juga harus dilatih self-discipline, bukan forced discipline. Contoh sederhana adalah membantu mencuci piring, menyapu atau mengepel. Selain itu anak perlu diajarkan sesuai dengan tempat dan fungsinya agar tahu role play kelak dalam hidupnya.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*