Cek 5 Sekolah Kedinasan Perhubungan Darat Lengkap Dengan Syarat Masuk, Lulus Bisa Jadi PNS

Ilustrasi: Pembukaan pendaftaran sekolah kedinasan. (Ist.)
Ilustrasi: Pembukaan pendaftaran sekolah kedinasan. (Ist.)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Inilah 5 sekolah kedinasan Perhubungan Darat lengkap dengan syarat masuknya jika kamu berminat untuk menjadi PNS.

Sekolah kedinasan di bawah naungan Kementerian Perhubungan terbagi menjadi tiga bagian, yaitu matra darat, laut, dan udara.

Bagi siswa yang telah lulus SMA/SMK dan berminat melanjutkan pendidikan ke sekolah kedinasan di Kementerian Perhubungan, bisa cek informasi ini.

BACA JUGA:

Kemenhub memiliki pilihan mendaftar ke salah satu dari 22 sekolah kedinasan yang membuka penerimaan taruna dan taruni baru.

Jika pilihan jatuh pada sekolah kedinasan di bidang perhubungan darat, penting untuk mengetahui berbagai sekolah yang tersedia.

Berikut adalah daftar sekolah kedinasan perhubungan darat yang dapat dipilih saat pendaftaran sekolah kedinasan tahun 2024.

Sekolah Kedinasan Perhubungan Darat

  1. Politeknik Transportasi Darat Indonesia (PTDI) atau Sekolah Tinggi Transportasi Darat (STTD)
  2. Politeknik Perkeretaapian Indonesia (PPI) Madiun
  3. Politeknik Keselamatan Transportasi Jalan (PKTJ) Tegal
  4. Politeknik Transportasi Sungai, Danau, dan Penyeberangan Palembang (Poltektrans SDP) Palembang
  5. Politeknik Transportasi Darat (Poltrada) Bali Itulah 5 sekolah kedinasan perhubungan darat yang bisa dipilih siswa SMA/SMK sederajat yang mau mendaftar sekolah kedinasan 2024.

Syarat administrasi masuk sekolah Kedinasan Perhubungan Darat

  • Pas foto terbaru berwarna latar belakang merah, menghadap kedepan ukuran 4 x 6 cm (ukuran minimal 120 kb maksimal 500 kb dengan format .jpg).
  • KTP bagi peserta yang berusia di atas 17 tahun atau Kartu Keluarga (KK) bagi yang belum memiliki KTP atau menggunakan Surat Keterangan Kependudukan/resi permintaan pembuatan KTP dengan format .jpg ukuran maksimal 500 kb.
  • Ijazah SMA/SMK/MA dan sederajat bagi calon peserta yang sudah dinyatakan lulus atau rapor SMA/SMK/MA dan sederajat (2 SEMESTER) bagi calon peserta yang belum dinyatakan lulus atau masih duduk di kelas 12 (dua belas).
  • Surat penyetaraan / persamaan ijazah dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan bagi lulusan luar negeri atau memiliki ijazah berbahasa asing dengan format PDF ukuran maksimal 1.000 kb.
  • Tanda bukti pembayaran formulir pendaftaran sesuai dengan perguruan tinggi yang dipilih dengan menyertakan nama dan NIK yang tercetak pada bukti pembayaran (ukuran maksimal 500 kb dengan format .jpg).

Persyaratan lainnya yang diunggah dalam 1 (satu) berkas dengan format PDF ukuran maksimal 2 MB yang terdiri atas:

  • Formulir Pernyataan Calon Taruna/Taruni SIPENCATAR Kementerian Perhubungan bermaterai 10.000 rupiah, dapat diunduh di sini.
  • Surat Pernyataan Mutlak Menyetujui Hasil SIPENCATAR bermaterai Rp 10.000
  • Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak Tidak Buta Warna bermaterai Rp 10.000
  • Surat Keterangan Orang Asli Papua (OAP) yang dikeluarkan oleh Kepala Desa/Lurah/Kepala Suku di wilayah Papua/Papua Barat(hanya untuk Pendaftar formasi Pola Pembibitan Kemenhub khusus Putra/I Papua/Papua Barat)

Demikianlah informasi mengenai 5 sekolah kedinasan Perhubungan Darat disertai dengan syarat masuknya bagi siswa SMK yang berminat untuk daftar.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*