Seruan Salemba 2024, Terjadi Penyalahgunaan Kekuasaan dengan Rekayasa Hukum

Ilustrasi: Universitas Indonesia. (Ist.)
Universitas Indonesia. (Ist.)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Para akademisi dan masyarakat sipil khawatir akan kemunduran demokrasi di Indonesia. Seruan Salemba pun kembali berkumandang.

Akademisi dari beragam kampus di Jabodetabek menyerukan agar DPR segera menyelidiki dugaan penyalahgunaan kekuasaan dalam Pemilu 2024.

Hal ini menjadi satu poin dalam Seruan Salemba yang dibacakan para akademisi dalam acara berjudul “Universitas Memanggil” di Kampus UI Salemba, Jakarta, Kamis, 14 Maret 2024.

BACA JUGA:

Kegiatan itu dihadiri Guru Besar Fakultas Hukum Universitas Indonesia Harkristuti Harkrisnowo, Guru Besar Fakultas Kehutanan dan Lingkungan IPB University Hariadi Kartodihardjo, dosen dari Universitas Negeri Jakarta Ubedilah Badrun, ahli filsafat moral Franz Magnis-Suseno, dosen dari Sekolah Tinggi Hukum (STH) Indonesia Jentera Bivitri Susanti, Guru Besar Fakultas Pertanian IPB University Dwi Andreas Santosa, dan lainnya.

Reformasi hukum yang transparan

“DPR segera bekerja menjalankan fungsi-fungsi menyuarakan suara rakyat, melakukan penyelidikan secara terbuka terhadap penyalahgunaan kekuasaan yang dilakukan eksekutif agar dapat dipertanggungjawabkan,” ujar akademisi UNJ, Ubedillah Badrun.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*