Jenis-jenis PKM yang Bisa Mahasiswa Ikuti, Ajang Bergengsi Raih Prestasi di Kampus

Sharing for Empowerment

Atau ikut kompetisi proposal penelitian mahasiswa dengan mengajukan proposal penelitian yang memiliki relevansi dan metodologi penelitian yang baik.

2. PKM-K (Kewirausahaan)

Ini adalah program yang mengasah bakat mahasiswa dalam berwirausaha. PKM-K biasanya mengadakan beberapa lomba.

Misalnya, pengembangan produk, lomba ini mengajak mahasiswa untuk mengembangkan produk atau jasa baru yang bisa berhasil di pasaran.

3. PKM-T (Teknologi)

Sesuai namanya, maka PKM-T ini fokus untuk membuat program di bidang teknologi. PKM di bidang teknologi ini biasanya menyelenggarakan perlombaan.

Sepertihackathon, lomba yang mana peserta bersaing untuk mengembangkan solusi teknologi dalam waktu yang terbatas, seperti pengembangan aplikasi atau perangkat lunak.

4. PKM-M (Pengabdian Masyarakat)

Nah, kalau jenis PKM satu ini fokusnya adalah mengabdi untuk masyarakat. Biasanya, mahasiswa bisa mengikuti lomba yang punya dampak sosial kepada masyarakat.

Lomba ini menilai proyek atau inisiatif mahasiswa yang memberikan dampak positif langsung pada masyarakat, sesuai dengan fokus PKM.

5. PKM-KC (Karya Cipta)

Selanjutnya ada PKM KC yang bertujuan membentuk kemampuan mahasiswa untuk mengkreasikan sesuatu yang baru dan fungsional atas dasar karsa dan nalarnya.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*