Cara Cerdas Finansial bagi Mahasiswa Milenial

Ilustrasi: Kecerdasan Finansial

JAKARTA, KalderaNews.com – Era digital bukan untuk dihindari. Era ini memiliki tantangan tersendiri, terutama bagi mahasiswa milenial dalam membangun kemampuan finansial. Kecerdasan finansial amat dibutuhkan dalam menghadapi era digital. Nah, berikut cara cerdas finansial yang bias kamu kembangkan:

Cerdas Merencanakan
Sepuluh tahun ke depan, kamulah akan akan mendominasi pasar tenaga kerja di Indonesia. Maka, sebaiknya kamu mulai belajar mengatur keuangan untuk diri sendiri. Ada banyak sumber yang bisa menjadi rujukan kamu dalam mempelajari cara mengatur keuangan, mulai dari yang amat sederhana, sampai pada yang rumit. Jadilah gadget dan jarimu untuk memulai belajar dan praktik dalam mengatur, terutama membuat perencanaan keuangan.

BACA JUGA:

Cerdaskan Cash Flow
Dalam piramida keuangan, dari fase kebutuhan, keuntungan, dan distribusi, secara finansial mahasiswa masih dalam fase kebutuhan. Maka, hal yang paling penting dilakukan mahasiswa milenial adalah membuat sehat cash flow keuangan mereka, yakni dengan menekan angka kredit dan membuat cadangan dana untuk kebutuhan mendadak. Hal ini amat penting dalam membuat perencanaan finansial.

Cerdas Bisnis Start Up
Setelah memiliki kecerdasan dalam merencanakan dan mengelola cash flow, mahasiswa bisa beranjak mengembangkan bisnis. Salah satunya mendirikan start up. Menjamurnya berbagai start up garapan mahasiswa menjadi penanda pergerakan ekonomi milenial sudah menggeliat. Meski demikian, perencanaan dan pengelolaan harus terus dijalankan secara disiplin.

Cerdas Berteknologi
Mahasiswa milenial harus memanfaatkan kemajuan teknologi untuk membangun kemerdekaan finansial. Sehingga kelak jika sudah lulus, tidak lagi bertumpu pada keuangan orangtua. Apalagi jika mampu membangun bisnis berkelanjutan yang bisa menyerap tenaga kerja. (yp)

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*