Dubes Kenssy Beri Penghargaan pada WNA dengan Batik dan Kebaya Terbaik




Kostum Terbaik di KBRI Praha saat HUT Ke-74 RI
Duta Besar RI Praha Kenssy D. Ekaningsih memberikan penghargaan pada 3 WNA yang jadi peserta upacara dengan kostum terbaik (KalderaNews/KBRI Praha)

PRAHA, KalderaNews.com – Sebanyak 250 masyarakat dan diaspora Indonesia larut dalam kemeriahan perayaan HUT ke-74 RI yang dilaksanakan di Wisma Duta Besar RI Praha, 17 Agustus 2019.

Selain dihadiri oleh WNI yang tinggal di Republik Ceko, acara tersebut juga dihadiri oleh WNA yang merupakan diaspora Indonesia, antara lain alumni program Darmasiswa dan Beasiswa Seni dan Budaya Indonesia (BSBI). Sebagian besar peserta, termasuk para WNA, hadir dengan mengenakan pakaian nasional Indonesia dengan berbatik dan berkebaya.

Peringatan HUT RI tersebut diawali dengan upacara pengibaran bendera yang berlangsung tertib dan khidmat, serta diakhiri aubade lagu-lagu nasional yang dibawakan oleh Sanggar Kesenian Aceh Universitas Gajah Mada (SAKA UGM) Yogyakarta.

BACA JUGA:

Acara dilanjutkan dengan pentas kesenian dari SAKA UGM yang mempersembahkan beberapa tarian dari Aceh, tim Arumba KBRI Praha yang menampilkan lagu-lagu nasional, dan Kintari Foundation yang menampilkan Tari Piring dan Tari Lombok.

Kintari merupakan yayasan seni nirlaba yang didirikan seorang alumni Darmasiswa dan mengajarkan kesenian Indonesia. Selain itu, pada acara ini berbagai makanan khas Indonesia disajikan, antara lain rawon, bakso, dan urap sayur.

Formasi 74 di KBRI Praha Saat HUR Ke-74 RI
Formasi 74 saat perayaan HUT ke-74 RI di Wisma Duta Besar RI Praha, 17 Agustus 2019 (KalderaNews/KBRI Praha)

Pada kesempatan tersebut, Duta Besar RI Praha Kenssy D. Ekaningsih memberikan penghargaan peserta upacara dengan kostum terbaik kepada 3 (tiga) orang WNA yang mengenakan pakaian nasional Indonesia dengan berkebaya.

Duta Besar Kenssy menyampaikan bahwa pemberian penghargaan kostum terbaik ini merupakan bentuk apresiasi KBRI Praha terhadap para peserta, terutama para WNA, yang ikut mempromosikan budaya Indonesia.

Tarian Aceh di KBRI Praha saat HUT Ke-74 RI
Tarian Aceh perayaan HUT ke-74 RI di Wisma Duta Besar RI Praha, 17 Agustus 2019 (KalderaNews/KBRI Praha)

“Kami sangat terharu dan menghargai kemauan para peserta dalam mendukung pelestarian budaya Indonesia dengan berkebaya,” ujarnya.

Selain memberikan penghargaan kostum terbaik, KBRI Praha juga memberikan hadiah kepada para pemenang lomba pidato Bahasa Indonesia bagi WNA. Lomba tersebut diikuti oleh WN Ceko yang merupakan alumni program Darmasiswa. (JS)

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*