Alumni Atma Jaya Yogyakarta Sabet Juara Sayembara Desain Taman Margasatwa Ragunan




Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyerahkan hadiah kepada Tim UAJY
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyerahkan hadiah kepada Tim UAJY. (Dok.UAJY)

JAKARTA, KalderaNews.com – Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) menorehkan prestasi dengan menyabet Juara I Sayembara Desain Taman Margasatwa Ragunan, yang digelar Dinas Kehutanan dan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Penghargaan diberikan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, di Balai Kota DKI Jakarta.

Tim Alumni UAJY terdiri dari Anton Siura (alumni Program Studi Arsitektur yang berdomisili di Singapura), Koei Hwe Ciang (alumni angkatan 2001), Alvin Praditya (Alumni angkatan 2013), dan William Yapp (mahasiswa aktif UAJY).

BACA JUGA:

Tim menggarap desain ini selama enam bulan. Bekerja sama dengan Sa_E Studio di Jakarta, Tim Alumni UAJY membuat kebun binatang yang nyaman bagi pengunjung, serta menjadi tempat untuk mempelajari ekosistem lingkungan, baik hewan maupun tumbuhan, sebagai keanekaragaman hayati di Indonesia. Untuk menggarap desain ini, tim sempat melakukan survei ke beberapa kebun binatang di negara-negara tetangga.

Menurut Anton Siura, tim ini berhasil mengalahkan 21 pesaing dari seluruh Indonesia dalam tiga tahap penjurian. Sayembara ini juga mensyaratkan minimal melibatkan tujuh tenaga ahli dari berbagai bidang dalam kajian desain.

“Salah satu hal yang membuat tim kami berbeda adalah kerja sama dengan tenaga ahli wild life specialist, yakni Marsenia Harris yang bekerja di Dubai Safari Parks,” ujar Anton. Selain itu, tim juga melibatkan ahli dari bidang kehutanan, landscape designer, transportasi dan konservasi hewan, perencanaan lingkungan, bisnis, desain grafis, dan video animator.

Anton menyelipkan harapan bahwa lulusan UAJY bisa terus berkarya dan selalu ingat terhadap dosen dan universitas. “Karena apa yang dicapai para alumni, tak lepas dari yang mereka pelajari di kampus.”

Proyek revitalisasi Taman Margasatwa Ragunan, rencana akan dimulai pada 2020 dengan pelaksana dari Pemerintah Kota DKI Jakarta bekerja sama dengan Dinas Kehutanan. (yp)

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*