Inilah 5 Penelitian Terbaik dari Perguruan Tinggi Keagamaan Islam

Para peneliti terbaik dari Perguruan Tinggi Keagamaan Islam. (Dok. Kemenag)
Para peneliti terbaik dari Perguruan Tinggi Keagamaan Islam. (Dok. Kemenag)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Penilaian hasil penelitian terbaik para dosen Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) telah diumumkan dalam gelaran Biannual Conference on Research Result (BCRR) di UIN Sunan Gunung Djati, Bandung.

BACA JUGA:

Terdapat 64 hasil penelitian terseleksi yang dikompetisikan. Dari jumlah tersebut, terpilih 5 hasil penelitian terbaik, yaitu:

  • Mada Sanjaya W.S (UIN Sunan Gunung Djati Bandung), dengan judul penelitian: Integrasi Ilmu Falaq, Sains dan Teknologi Robot dalam Perancangan Alat Ukur Arah Kiblat Portable Menggunakan Metode al-Biruni dalam Kitab Tahdid Nihayat al-Amakin.
  • Aksin (IAIN Ponorogo), judul penelitian: Dari Membela Tuhan ke Membela Manusia (Kritik atas Nalar Agamaisasi Kekerasan)
  • Muzayyin Ahyar (IAIN Samarinda), judul penelitian: Aksi Bela Islam; Kliktifisme Islam dan Otoritas Baru Propaganda Agama di Era Milenial di Indonesia.
  • Hasniah Aliah (UIN Sunan Gunung Djati Bandung), judul penelitian: Fabrikasi Semikonduktor Keramik ZnxFe2x03;Mn Berbahan Alam Lokal sebagai Sensor Alkohol dan Formalin.
  • Agus Salim (UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi), judul penelitian: Dari Netral-Pasif ke Netral-Aktif: Melacak Jejak-Jejak Justifikasi Kementerian Luar Negeri Indonesia dalam Mengadvokasi Identitas Islam Moderat.

Wakil Menteri Agama, Zainut Tauhid Sa’adi yang hadir dalam acara tersebut mengingatkan, civitas akademika PTKI agar konsisten dalam menghasilkan riset berkualitas. Hasil riset yang mumpuni, lanjutnya, diperlukan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia. “Tantangan terbesar dari dunia perguruan tinggi adalah riset. Kewibawaan dan nama besar perguruan tinggi juga sangat ditentukan riset,” ujarnya. (yp)

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*