36 Kampus Ikuti Pertukaran Mahasiswa Nusantara Universitas Tarumanagara

Ilustrasi: Profesor Agustinus Purna Irawan, Rektor Universitas Tarumanagara. (repro: KalderaNews.com/y.prayogo)
Ilustrasi: Profesor Agustinus Purna Irawan, Rektor Universitas Tarumanagara. (repro: KalderaNews.com/y.prayogo)

JAKARTA, KalderaNews.com – Universtias Tarumanagara (Untar) Jakarta menggelar Pertukaran Mahasiswa Nusantara 2020. Ajang nasional yang diadakan secara virtual ini diikuti 600 peserta dari 36 perguruan tinggi di Indonesia.

Rektor Untar, Agustinus Purna Irawan mengatakan, setiap tahun dibutuhkan sekira 3 juta lapangan pekerjaan. Maka, kampus atau perguruan tinggi mesti kreatif dalam mencetak sumber daya manusia yang unggul, yaitu tenaga profesional guna memasuki dunia pekerjaan.

BACA JUGA:

Ajang Pertukaran Mahasiswa Nusantara, papar Agustinus, adalah implementasi dari Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka yang digemakan Kemendikbud. Lewat ajang ini, diharapkan terjadi interaksi dosen, mahasiswa, serta pelaku usaha sehingga terbentuk jejaring atau networking.

“Kegiatan Pertukaran Mahasiswa Nusantara yang digelar ini, kami harapkan dapat mendorong mahasiswa semakin mampu membuka dan menciptakan lapangan pekerjaan serta mendorong kesempatan kerja bagi orang lain,” ujar Agustinus saat membuka Pertukaran Mahasiswa Nusantara 2020 secara virtual.

Kegiatan ini merupakan pertama kali digelar Untar. Diharapkan dari kegiatan selama tiga hari ini akan lahir startup yang mampu menjadi entrepreneur.

Agustinus mengatakan, di kampus Untar terdapat sekitar 3 ribu mahasiswa yang sudah memiliki bisnis sendiri dari total 15 ribu mahasiswa. Para mahasiswa yang telah memiliki bisnis ini pada umumnya lahir dari keluarga pebisnis.

Sementara, Rektor Institut Sains dan Teknologi AKRPIND Yogyakarta, Amir Hamzah memberikan apresiasi dengan ajang yang digelar Untar ini. “Apa yang digelar Untar oleh Pak Agustinus ini merupakan kuliah terbesar yang diikuti 36 kampus dan ratusan mahasiswa yang bergabung,” katanya.

Pada sesi diskusi.CEO Talk, founder Papermotion, Tania Hendrica memaparkan tips dan kiat membangun startup yang sukses. Alumni Fikom Untar Jurusan Advertising ini mengatakan, langkah pertama yang dilakukan untuk membangun starup adalah membangun relasi dan networking.

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*