Tertarik Ikut Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka? Ini Tahapan yang Wajib Segera Dilakukan

Anak SMA, beasiswa,

JAKARTA, KalderaNews.com – Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi (Dirjen Dikti), Nizam menyampaikan bahwa melalui Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka yang pendaftarannya ditutup 27 Juni 2021, selain mahasiswa berkuliah, mereka juga mendapat beragam pengayaan lain yang dapat menjadi bekal berharga bagi masa depannya.

“Selain adik-adik mengikuti perkuliahan mendapatkan sistem kredit semester (SKS) maksimal 20 SKS di perguruan tinggi mitra, kalian juga akan mendapatkan program pengayaan yang disiapkan oleh ribuan dosen yang berdedikasi penuh untuk membangun soft skills, membangun kompetensi dan membangun semangat kebersamaan, ke-Bhineka Tunggal Ika-an, dan kebhinnekaan global kita dari Sabang sampai Merauke,” terangnya.

BACA JUGA:

Nah, buat yang tertarik ikut program ini sebaiknya melakukan langkah-langkah berikut ini:

  • Berkoordinasi dengan program studi dan penanggung jawab pada perguruan tinggi pengirim
  • Mengakses akun pendaftaran mahasiswa
  • Memilih mata kuliah yang ditawarkan perguruan tinggi mitra atau perguruan tinggi pengirim
  • Mengunggah dokumen persetujuan dari perguruan tinggi pengirim
  • Mengakses informasi penetapan perguruan tinggi penerima
  • Menuju ke lokasi perguruan tinggi penerima untuk mengikuti pembelajaran secara luring dan atau daring
  • Mengikuti kegiatan Modul Nusantara sesuai jadwal bersama dosen pembimbing dan mentor.

Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Ditjen Dikti, Aris Junaidi menambahkan tahun ini program Pertukaran Mahasiswa Merdeka akan dikemas lebih menarik dan lebih beragam kegiatannya, baik itu Modul Nusantaranya maupuan mata kuliah yang dikemas.

Ketua Subpokja Pertukaran Mahasiswa Merdeka, Andi Ilham mendorong kampus memotivasi mahasiswanya untuk mendaftar serta memantau perkembangan jumlah dan proses pendaftaran program Pertukaran Mahasiswa Merdeka.

Selain itu, perguruan tinggi juga harus memfasilitasi mahasiswa untuk dapat berkonsultasi terkait pemilihan mata kuliah, memfasilitasi kelengkapan seluruh dokumen yang dibutuhkan oleh mahasiswa, serta menjelaskan mekanisme pemberangkatan ke perguruan tinggi penerima.

“Jangan khawatir untuk biaya transportasi dari kota asal ke kota tujuan akan dibantu oleh pemerintah untuk biaya transportasi dan bantuan biaya hidup selama di provinsi lain,” tambah Dirjen Nizam.

Berikutnya, Andi Ilham menguraikan hal-hal yang harus dilakukan perguruan tinggi penerima adalah mempersiapkan tim untuk penyambutan dan penerimaan mahasiswa dari perguruan tinggi lain dan mempersiapkan pelaksanaan Modul Nusantara dengan para dosen pembimbing.

Kemudian, membantu mahasiswa untuk mendapatkan pemondokan selama mengikuti program, mengawasi proses pembelajaran mahasiswa secara periodik serta berkoordinasi untuk memudahkan proses penilaian, alih dan transfer SKS, dan kebutuhan administrasi lainnya.

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*