Kamu Tidak Lulus SBMPTN? Lakukan Saja Hal Ini

Ilustrasi: Mahasiswa baru. (KalderaNews.com/Ist.)
Ilustrasi: Mahasiswa baru. (KalderaNews.com/Ist.)

JAKARTA, KalderaNews.com – Hasil SBMPTN 2021 sudah diumumkan, tapi kamu gagal lagi. Jangan putus asa dan galau. Masih ada banyak peluang untuk meraih pendidikan tinggi.

Kamu masih bisa mengikuti Ujian Mandiri di PTN atau memilih kuliah di perguruan tinggi swasta. Masih ada banyak lagi pilihan yang bisa kamu lakukan.

BACA JUGA:

Nah, inilah 6 hal yang bisa kamu lakukan:

Mengikuti Ujian Mandiri

Ada beberapa PTN yang masih membuka seleksi mandiri penerimaan mahasiswa baru. Kalau kamu masih ingin berkuliah di PTN favoritmu, mengikuti Ujian Mandiri bisa menjadi pilihan.

Namun, untuk mengikuti jalur ini, kamu perlu memahami terlebih dahulu soal biaya kuliahnya yang kadang juga tidak sedikit.

Mendaftar di Universitas Swasta

Saat ini, banyak kampus swasta yang kualitasnya juga tidak kalah dengan PTN, bahkan ada yang lebih bagus dibanding PTN. Kampus-kampus swasta ini bahkan terkenal memiliki lulusan yang mampu berkiprah di perusahaan-perusahaan besar di dalam dan luar negeri.

Harus diingat, tidak semua perguruan tinggi swasta berbiaya mahal. Kamu hanya perlu menemukan info lengkap beberapa perguruan tinggi beserta dengan akreditasi.

Mendaftar di Sekolah Vokasi & Politeknik

Pendidikan lain, seperti vokasi dan politeknik dapat menjadi pertimbangan lain apabila kamu tidak lolos seleksi di PTN. Ada juga banyak pilihan akademi yang juga dapat menjadi pilihan untuk melanjutkan pendidikan.

Untuk pendidikan vokasi umumnya menyediakan tingkat pendidikan D3 dan politeknik dan akademi menyediakan D1 hingga D4. Biasanya, lembaga pendidikan ini justru mengedepankan kerja praktik ketimbang teori. Beberapa pendidikan vokasi dan politeknik juga menyediakan sistem kedinasan atau ikatan kerja dengan beberapa perusahaan ternama.

Kuliah ke Luar Negeri

Impian kuliah ke luar negeri bukan tidak mungkin terwujud. Saat ini banyak tawaran beasiswa untuk pelajar Indonesia yang ingin kuliah ke luar negeri. Sering kali, mahasiswa yang tidak diterima di PTN bahkan bisa diterima kuliah di luar negeri dengan beasiswa penuh

Kerja Sambil Belajar

Kamu juga bisa kok kuliah sekalian bekerja. Dengan bekerja, kamu juga dapat mengeksplorasi hal-hal yang belum banyak kamu ketahui sekaligus menambah pengalaman. Tapi jangan karena kamu keasyikan bekerja, kamu lupa belajar.

Menjadi Entrepreneur

Banyak pengusaha di Indonesia yang berhasil mengembangkan bisnis ternyata bukan lulusan PTN. Beberapa dari mereka bahkan tidak lulus kuliah. Maka dari itu, dari pada terus kecewa tidak diterima di PTN, kamu dapat mencoba untuk langsung menjadi entrepreneur.

Siapa tahu, bakat kamu justru akan berkembang kalau kamu langsung terjun di dalam dunia usaha. Dengan usaha, kamu juga dapat mengeksplorasi hal-hal yang belum banyak kamu ketahui sekaligus menambah pengalamanmu.

*Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu!

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*