Kamu Gagal SBMPTN? Itu Bukan Akhir dari Segalanya




Mahasiswa baru di IT Telkom Purwokerto
Mahasiswa baru di IT Telkom Purwokerto (KalderaNews/Dok. IT Telkom Purwokerto)

PURWOKERTO, KalderaNews.com – Selamat untuk kalian yang lulus seleksi SBMPTN 2021. Sebuah kesempatan untuk segera menjalani perkuliahan di kampus negeri pilihan dan mengukir masa depan.

Namun buat kalian yang tidak lolos SBMPTN tak perlu risau dan gelisah, apalagi murung seharian di kamar. Daripada kalian bersedih yang tidak ada manfaatnya, mending kamu persiapkan rencana cadangan dari sekarang. Mengutip pepatah Romawi mengatakan “Banyak jalan menuju Roma “ yang mempunyai arti banyak jalan menuju kesuksesan bahkan sekalipun untuk menggapai universitas atau prodi impian kamu.

Selain jalur SNMPTN dan SBMPTN banyak kampus negeri yang membuka jalur mandiri. Seleksinya pun bervariasi ada yang memakai raport, nilai UTBK, ujian langsung atau daring, penelusuran minat bakat, jalur berprestasi, jalur ketos, dan lain-lain menanti kamu. Tetapi terkadang jalur mandiri membuat orang tua kamu gelisah akan budget uang pangkal yang tinggi. Tentu kamu ingin kuliah yang tidak membebani finansial orang tua, bukan?

BACA JUGA:

Tenang selain jalur mandiri, ada juga PTS yang menanti anda kok, kuliah di PTS bisa jadi rekomendasi anda yang ingin melanjutkan penddikan tinggi. Kuliah di PTS, tidak perlu gengsi, karena pengajarannya juga sama. Kalau kata pepatah “Emas ditaruh dimana saja akan tetap menjadi emas”.

Nah wujudkan kesempatan emas kamu menjadi generasi emas Indonesia 2045 bersama Institut Teknologi Telkom Purwokerto, kampus Telkom yang berada di anak Gunung Slamet, yakni kota Purwokerto hadir menjadi pilihan yang tepat untuk anda. Untuk masalah biaya, jelas sangat terjangkau, ITTP hadir membawa slogan “Kuliah Memukau dengan Biaya Terjangkau” menjamin kuliah berkualitas dengan biaya kuliah terjangkau.

ITTP yang merupakan kampus teknologi yang berfokus pada HATS mempunyai 11 pilihan program studi 11 program studi yang dibuka, yakni D3 Teknik Telekomunikasi, S1 Teknik Telekomunikasi, S1 Teknik Elektro, S1 Teknik Biomedis, S1 Teknik Informatika, S1 Sistem Informasi, S1 Software Engineering, S1 Sains Data, S1 Teknik Industri, S1 Desain Komunikasi Visual, dan S1 Teknik Logistik.

ITTP yang merupakan bagian dari Telkom Group yakni dibawah Yayasan Pendidikan Telkom (YPT) menjamin mutu pendidikan yang berkualitas hal ini dibuktikan dengan Institut Teknologi Telkom Purwokerto yang  telah terakreditasi “Baik Sekali” dari BAN-PT, Terbukti rata-rata 83% lulusan bekerja sebelum wisuda baik bekerja di Telkom Group maupun perusahaan lain.

Beasiswa apa aja yang dibuka di ITTP?

  • Beasiswa Prestasi Siswa

Merupakan beasiswa yang dibuktikan dengan mengupload sertifikat dan surat keterangan peringkat sekolah yang ditandangani oleh kepala sekolah.

  • Beasiswa Nilai Trypout

Merupakan beasiswa yang yang dibuktikan dengan upload screenshoot nilai try out dari aplikasi Ruangguru, Pahamify, MasukKampus, atau Quipper. Dengan nilai try out minimal 487 sampai 815 kamu sudah bisa klaim beasiswa ini.

  • Beasiswa Hafidz Al-Quran

Merupakan beasiswa yang diperuntukan bagi para tahfidz Al Quran mulai dari minimal 10 juzz sampai 30 juzz.

  • Beasiswa Atlit Muda

Merupakan beasiswa yang diberikan kepada generasi muda yang memiliki kejuaraan dalam bidang olahraga yang bersifat individu (bukan olahraga kelompok/tim). Mulai dari tingkat kabupaten hingga nasional.

  • Beasiswa Influencer Muda

Merupakan beasiswa yang diperuntukkan secara khusus bagi para pegiat media sosial dan pegiat dunia maya yang meliputi Youtuber, Tiktoker, dan Selebgram.

  • Beasiswa Tokoh Organisasi Muda

Merupakan beasiswa yang dipersembahkan bagi para aktivis organisasi di sekolah maupun organisasi kepemudaan. Baik ketua OSIS, MPK, OKP, atau pengurus lainnya.

  • Beasiswa Saintis Muda

Merupakan beasiswa yang diberikan pada pendaftar yang memiliki kejuaraan dalam kompetisi, perlombaan atau olimpiade di bidang sains dan teknologi baik tingkat kabupaten sampai nasional.

  • Beasiswa Spirit Muda

Merupakan beasiswa yang diberikan bagi pendaftar dari keluarga tidak mampu namun memiliki semangat untuk belajar dan berkembang. Besaran beasiswa yang diberikan akan disesuaikan dengan hasil wawancara.

  • Beasiswa Ngapak

Merupakan beasiswa yang hanya diperuntukkan bagi siswa yang lulus SMA/SMK/MA tahun 2021 dari sekolah di wilayah Banyumas, Purbalingga, Banjarnegara, Cilacap dan Kebumen. Setiap sekolah mendapatkan kuota 2 siswa yang akan mendapatkan Beasiswa Ngapak, tanpa seleksi/tes.

  • Beasiswa KIP Kuliah Merdeka

Merupakan beasiswa eksternal dari kemendikbud untuk mahasiswa yang kurang mampu dalam hal finansial. Beasiswa ini diperuntukan bagi kalian yang mempunyai kartu KIP Kuliah. Tidak hanya kuliah gratis saja, di beasiswa ini kalian bisa mendapatkan uang saku untuk biaya hidup mulai dari Rp. 800.000,00 sampai 1.400.000,00.

  • Beasiswa Forum OSIS Nusantara (FON)

Yakni beasiswa khusus bagi pengurus OSIS seluruh Indonesia. Pemberian beasiswa ini hasil kerjasama ITTP dengan Forum OSIS Nusantara (FON)

  • Beasiswa APERTI BUMN

Merupakan beasiswa dari aliansi perguruan tinggi BUMN, ITTP yang tergabung di beasiswa Aperti BUMN bersama 8 perguruan tinggi lainnya memberikan kesempatan untuk kalian berkuliah gratis.

Kuliah merupakan sebuah kebanggaan yang diberikan tuhan untuk berselancar mendalami dinamika ilmu pengetahuan dan teknologi. Yuk saatnya bergabung di Kampus Telkom Purwokerto. Kamu bisa datang langsung ke sekretariat PMB ITTP Kawasan Pendidikan Telkom Jl. DI. Panjaitan No. 128 Purwokerto, Jawa Tengah, 53147 Telp. (0281) 641629 atau daftar online melalui https://pmb.ittelkom-pwt.ac.id/

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan share pada saudara, sahabat dan teman-temanmu

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*