Ternyata Inilah 3 Negara yang Menjadi Favorit Pelajar Indonesia Melanjutkan Kuliah, Kalau Kamu Pilih Mana?




Ilustrasi: Para mahasiswa National University of Singapore (NUS). (Ist.)
Ilustrasi: Para mahasiswa National University of Singapore (NUS). (Ist.)

JAKARTA, KalderaNews.com – Survei Cambridge International menyatakan ada 3 negara yang menjadi pilihan favorit pelajar Indonesia melanjutkan pendidikan tinggi.

Menurut survei tersebut, pandemi Covid-19 menjadi hambatan terbesar dalam dunia Pendidikan, termasuk memengaruhi pilihan siswa untuk melanjutkan pendidikan tinggi.

BACA JUGA:

Penelitian terhadap 300 sekolah Cambridge di seluruh dunia menemukan, pandemi telah memberikan pengaruh yang signifikan terhadap pilihan siswa meneruskan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

Sebanyak 84% sekolah yang disurvei melaporkan bahwa banyak siswa yang berubah pikiran terkait pilihan pertama universitas yang dituju, sebagian besar karena kondisi ketidakpastian, kesulitan bepergian, serta masalah finansial.

Nah, dalam survei tersebut juga digambarkan bahwa sebagian besar pelajar Indonesia lebih memilih untuk melanjutkan pendidikan tinggi di dalam negeri, selebihnya memilih ke luar negeri.

Inilah 3 negara yang menjadi pilihan favorit pelajar Indonesia melanjutkan Pendidikan tinggi versi survei Cambridge International:

Indonesia

Ya, Indonesia masih menjadi menjadi pilihan favorit pelajar Indonesia. Selain dampak pandemi, kualitas universitas di Indonesia juga terus meningkat. Tersedianya program sarjana yang diajarkan dalam bahasa Inggris memungkinkan siswa mengikuti pendidikan internasional.

Pun banyak universitas di Indonesia yang juga menyediakan pilihan mobilitas internasional, yang memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengikuti program pertukaran pelajar jangka pendek dan program gelar ganda.

Amerika Serikat

Sebanyak 66% responden secara global menyebut reputasi universitas sebagai alasan memilih universitas di negara ini.

Amerika Serikat menjadi destinasi paling populer bagi pelajar internasional, dengan lebih dari 800.000 orang yang saat ini terdaftar di lembaga pendidikan tinggi di negara tersebut, di mana sekira 9.000 mahasiswa di antaranya berasal dari Indonesia.

Singapura

Singapura memang telah menjadi pusat pendidikan tinggi yang berkualitas di Kawasan Asia Pasifik, baik bagi pelajar lokal maupun internasional. Singapura memiliki enam universitas negeri, serta berbagai institusi pendidikan swasta dan kampus cabang dari institusi pendidikan asing terkemuka.

Bahkan, beberapa kampus di Singapura selalu masuk dalam deretan universitas terbaik di dunia. Iklim industri dan pemerintah yang sangat mendukung sistem pendidikan di Singapura juga menjadi magnet bagi pelajar Indonesia melanjutkan pendidikan tinggi ke Singapura.

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*