Sah, Lomba Kompetensi Siswa (LKS) SMK Nasional Dimulai!

Ilustrasi: Lomba Kompetensi Siswa (LKS) SMK 2020 resmi dimulai. (KalderaNews.com/repro:y.prayogo)
Ilustrasi: Lomba Kompetensi Siswa (LKS) SMK 2020 resmi dimulai. (KalderaNews.com/repro:y.prayogo)

JAKARTA, KalderaNews.com – Sebanyak 38 dari total 42 bidang lomba dalam ajang Lomba Kompetensi Siswa (LKS) SMK 2020 mulai digelar. Siswa-siswi terbaik perwakilan dari provinsi masing-masing unjuk kemampuan. Semua lomba digelar secara daring.

Karena kompetisi diadakan secara virtual, penjurian pun dilakukan di tempat yang berbeda. Misal, Hotel Harris Bandung akan menjadi tempat penjurian kategori Teknologi Desain Grafis, Teknologi Informasi Sistem Administrasi Jaringan, Teknologi Informasi Piranti Lunak untuk Bisnis, Teknik Perancangan Permesinan CAD, Teknik Desain Laman, Teknik Pengukuran, Teknologi Automobil, Tehnik Pengelasan, Tehnologi Mode, Seni Lukis, Teknik Media Cetak, Pembuatan Cabinet, Pembuatan Cabinet.

BACA JUGA:

Sementara, Hotel La Grande Bandung menjadi lokasi penjurian bidang lomba Teknologi Peternakan, Pemasaran Daring, Resepsionis Hotel, Servis Restoran, Teknik Pemasangan Tegel Keramik Dinding dan Lantai, Teknik Perawatan dan Perbaikan Sepeda Motor.

Hotel Courtyard juga menjadi lokasi penjurian untuk bidang lomba Teknologi Pengolahan Pangan, Penataan Rambut, Kuliner, Nautika, Keperawatan Sosial dan Kesehatan, Pipa Ledeng dan Pemanas, Lanskap dan Pertamanan.

Hotel Aryaduta juga menjadi lokasi penjurian bidang lomba Elektronika, Teknik Instalasi Kelistrikan, Teknik Kontrol Industri, Mekatronika, Robotika, Sistem Otomasi Mesin Perkakas, Teknik Rekayasa Cetak Plastik.

Sedangkan Hotel Fox Harris menjadi tempat penjurian bidang lomba Teknik Rekayasa Cetak Plastik, Teknik Perancangan Model 3 Dimensi, Teknologi Kecerdasan Buatan, Komputasi Awan, Teknologi Keamanan Siber, Teknik Distribusi Telekomunikasi. Dan, Hotel The Luxton untuk bidang lomba Farmasi, Industri Pariwisata, Teknik Tata Udara dan Pendingin.

Kompetisi dimulai sesuai jadwal masing-masing bidang lomba berdasarkan arahan juri dan teknisi bidang lomba. Misal, bidang lomba Elektronika yang akan diikuti 25 peserta dibagi ke dalam 3 hari. Jadi, masing-masing dibagi menjadi 9/8 orang per hari. Lomba bidang Elektronika memulai perlombaan pada pukul 08.30-09.15. Prototype Hardware Design Fase 1, menjadi tantangan pertama setelah menyelesaikan tugas yang diberikan dewan juri. Selanjutnya, para peserta diarahkan untuk mengupload file yang sudah dikerjakan.

Nah, di sela perlombaan, dewan juri memberikan waktu jeda kepada para peserta agar bisa istirahat atau ke kamar mandi, sebelum memulai tugas berikut. Setelah waktu jeda, para peserta langsung menyelesaikan Prototype Hardware Design Fase 2, lantas mengupload kembali hasil yang sudah dikerjakan tersebut.

Ini baru pertama kali, LKS SMK digelar secara daring. Tentu hal ini menuai tantangan, baik bagi peserta, dewan juri, dan penyelenggara. Ada beberapa cabang lomba yang mengalami persoalan di awal kompetisi, namun cepat ditemukan solusi, sehingga tak mengganggu jalannya perlombaan.

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*