7 Hal yang Dirindukan Saat Ramadhan di Indonesia




Ilustrasi: Ramadan di Indonesia. (KalderaNews/Ist)

JAKARTA, KalderaNews.com – Ada banyak hal unik yang telah menjadi tradisi selama bulan Ramadhan ini. Nah, di Indonesia, paling tidak ada 6 hal yang membuat puasa di bulan Ramadhan selalu dinanti-nantikan.

Ziarah ke Makam
Tradisi ini telah berlangsung lama sekali. Sebelum memasuki bulan suci Ramadhan, orang biasa berziarah ke makam para pendahulu mereka; orangtua, kakek dan nenek, serta sanak saudara yang telah meninggal dunia untuk mengirimkan doa.

Sahur, Sahur
Tradisi ini juga telah menjadi kebiasaan pada bulan Ramadhan. Orang dewasa dan anak-anak berkeliling kampung dengan aneka bunyi-bunyian, untuk membangunkan orang agar segera bersantap sahur. Ini secamam alarm tradisional untuk membangunkan orang.

BACA JUGA:

Ngabuburit
Ngabuburit atau jalan-jalan sore jelang buka puasa pun sudah menjadi kebiasaan selama bulan Ramadhan. Sembari jalan-jalan sore menanti bedug buka puasa, biasanya orang juga mencari aneka kudapan untuk berbuka puasa bersama.

Hidangan Buka Puasa
Kolak, es kelapa muda, atau es buah merupakan hidangan yang tak boleh dilewatkan saat buka puasa. Hampir di setiap gang ada penjual yang menjajakan beragam hidangan untuk menu buka puasa. Hal ini tentu hanya biasa ditemukan saat bulan Ramadhan.

Bukber
Nah, kalau yang ini pasti seru selama Ramadhan. Bukber alias buka puasa bersama telah menjadi tradisi di banyak kalangan, seperto sekolah, kantor, keluarga, komunitas, dan yang lain. Nah, segera bikin jadwal untuk bukber bersama rekan-rekan ya!

Belanja Lebaran
Kalau yang ini tentu tak bisa dilupakan. Belaja aneka kebutuhan jelang Lebaran sudah menjadi kebiasaan orang Indonesia. Bahkan, orang kadang rela berdesak-desakan untuk berbelanja di pasar atau pusat perbelanjaan, demi mendapatkan baju baru dan beragam jenis makanan.

Mudik
Tradisi yang satu ini juga hanya ada saat menjelang Lebaran di Indonesia. Orang berduyun-duyun meninggal kota-kota besar untuk pulang ke kampung halaman dan merayakan Lebaran bersama kerabat tercinta.

Nah, itulah 7 tradisi unik yang hanya ada saat bulan Ramadhan di Indonesia. (yp)

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*