Pilihan Jurusan Kuliah Kamu Ditentang Orangtua, Ikuti Tips Berikut Ini

Ilustrasi: Pilihan Ditentang Orangtua

JAKARTA, KalderaNews.com – Apakah pilihan jurusan kuliah ditentang orangtua? Ya, terkadang pilihan kamu dengan orangtua tak berjalan beriringan. Tapi jangan cepat galau! Kamu mesti sadar, orangtua tentu memiliki berbagai pertimbangan untuk mempersiapkan masa depan anak-anaknya. Tapi, kamu juga tentu memiliki tujuan dan mimpi yang ingin diraih. Nah, jika kamu mengalami hal ini, ikuti beberapa tips berikut yang bisa membantu kamu meyakinkan orangtua tentang jurusan kuliah pilihan kamu:

Berdiskusi dengan orangtua
Ajaklah orangtuamu berbicara dengan kepala dingin. Carilah suasana dan waktu yang tepat untuk membicarakan hal ini. Jelaskan tentang cita-cita atau mimpi kamu di masa mendatang. Sampaikan pula alasan-alasan kamu memilih jurusan tersebut, serta peluang ketika kelak kamu lulus. Buatlah argumentasi yang bijak, bisa dengan contoh-contoh atau role model yang telah sukses di bidang yang kamu pilih itu.

BACA JUGA:

Paparkan tujuanmu
Mungkin sekali berdiskusi belum berhasil. Jangan putus asa! Cobalah terus meyakinkan orangtua kamu. Paparkan terus tentang tujuan kamu memilih jurusan tersebut, dan yakinkan bahwa kamu akan belajar dengan sungguh-sungguh di jurusan tersebut. Percayalah, tak ada orangtua yang ingin menjerumuskan kamu ke jurusan yang keliru. Mereka hanya ingin anak-anaknya memiliki masa depan yang terjamin. Diskusikan hal ini jauh-jauh hari sebelum kamu memilih jurusan sesuai keinginan kamu.

Jika memang tak berhasil, kamu bisa mulai melibatkan saudara, kerabat, teman, atau guru untuk membantu kamu meyakinkan orangtuamu. Namun, semua itu mesti dilakukan dengan kepala dingin.

Cari informasi jurusan pilihanmu
Sebelum berdiskusi dengan orangtua, himpunlah berbagai informasi tentang jurusan yang kamu pilih. Hal ini agar kamu bisa membuat argumentasi yang meyakinkan. Kamu bisa tunjukkan bahwa pilihan kamu telah sesuai dengan bakat dan minat kamu. Sehingga kamu akan berkuliah dengan sepenuh hati alias tidak setengah-setengah.

Ikuti komunitas yang sesuai jurusan pilihanmu
Jika kamu menyukai seni, masuklah dalam komunitas seni sesuai bakat dan minat kamu. Sekali-sekali, kamu bisa mengajak orangtuamu meyaksikan atau mengikuti aktivitas yang sesuai dengan bakat dan minat kamu. Bila perlu tunjukkan prestasi kamu dalam bidang tersebut. Dengan demikian, orangtua akan semakin yakin dengan pilihan-pilihan kamu.

So, itulah beberapa tips jika pilihan jurusan kuliah kamu ditentang orangtua. Semoga bermanfaat! (yp)

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*