Pilihan Jurusan Kuliah Kamu Ditentang Orangtua, Ikuti Tips Berikut Ini

Ilustrasi: Pilihan Ditentang Orangtua
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Apakah pilihan jurusan kuliah ditentang orangtua? Ya, terkadang pilihan kamu dengan orangtua tak berjalan beriringan. Tapi jangan cepat galau! Kamu mesti sadar, orangtua tentu memiliki berbagai pertimbangan untuk mempersiapkan masa depan anak-anaknya. Tapi, kamu juga tentu memiliki tujuan dan mimpi yang ingin diraih. Nah, jika kamu mengalami hal ini, ikuti beberapa tips berikut yang bisa membantu kamu meyakinkan orangtua tentang jurusan kuliah pilihan kamu:

Berdiskusi dengan orangtua
Ajaklah orangtuamu berbicara dengan kepala dingin. Carilah suasana dan waktu yang tepat untuk membicarakan hal ini. Jelaskan tentang cita-cita atau mimpi kamu di masa mendatang. Sampaikan pula alasan-alasan kamu memilih jurusan tersebut, serta peluang ketika kelak kamu lulus. Buatlah argumentasi yang bijak, bisa dengan contoh-contoh atau role model yang telah sukses di bidang yang kamu pilih itu.

BACA JUGA:

Paparkan tujuanmu
Mungkin sekali berdiskusi belum berhasil. Jangan putus asa! Cobalah terus meyakinkan orangtua kamu. Paparkan terus tentang tujuan kamu memilih jurusan tersebut, dan yakinkan bahwa kamu akan belajar dengan sungguh-sungguh di jurusan tersebut. Percayalah, tak ada orangtua yang ingin menjerumuskan kamu ke jurusan yang keliru. Mereka hanya ingin anak-anaknya memiliki masa depan yang terjamin. Diskusikan hal ini jauh-jauh hari sebelum kamu memilih jurusan sesuai keinginan kamu.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*