Inilah 10 Jurusan Kuliah Unik yang Bisa Kamu Pilih




Ilustrasi: Jurusan Kuliah Unik

JAKARTA, KalderaNews.com – Ada banyak jurusan kuliah yang bisa kamu pilih. Namun, apakah kamu pernah dengar jurusan astrobiologi, teknologi penyelaman, seni komik, dan oseanografi? Ternyata, ada universitas di dunia yang memiliki jurusan unik, yang bisa menjadi pilihan. Nah, berikut 10 jurusan unik buat kamu yang menyukai tantangan baru:

Astrobiologi
Astrobiologi merupakan jurusan untuk memperlajari kehidupan di luar Bumi serta penelitian mengenai asal-usul dan evolusi kehidupan di Bumi. Wuih, keren ya!

Astrobiologi merupakan bidang studi baru yang berfokus pada kehidupan di seluruh alam semesta. Jurusan ini mempelajari ilmu keplanetan, astrofisika, geologi, biologi evolusi, biologi molekuler, dan kimia. Kini, program sarjana astrobiologi hanya dapat ditemukan di dua universitas di Amerika Serikat, yakni di Universitas Washington dan Universitas Pennyslvania. Di Indonesia, jurusan yang dekat dengan astrobiologi adalah jurusan astronomi di Institut Teknologi Bandung.

Beatles
Nama jurusan aneh ya! Jurusan ini memang diambil dari nama band legendaris asal Inggris, The Beatles. Jurusan ini hanya ada di Universitas Liverpool. Jurusan ini mempelajari, meneliti, dan menganalisis musik-musik The Beatles dalam pembangunan identitas, penonton, etnis, dan industry. Lulusan jurusan ini memiliki prospek pekerjaan di bidang industri musik pop, musikologi, dan tentu menjadi ahli dalam menelaah musik The Beatles.

BACA JUGA:

Seni Komik
Bagi kamu yang gemar membaca komik, tentu pengen tahu bagaimana ilmu tentang perkomikan. Nah, jurusan seni komik atau comic art bisa menjadi pilihan kamu. Jurusan ini mengajarkan seni membuat komik, mulai dari membuat garis, warna, komposisi, serta pengembangan karakter, pengembangan jalan cerita, hingga plot untuk menciptakan karya komik yang kompleks dan menarik. Saat ini, jurusan comic art baru ada di Minneapolis College of Art and Design.

Bisnis dan Teknologi Penyelaman
Jurusan ini hanya ada di Florida Keys Community College. Di jurusan ini, kamu akan mempelajari manajemen bisnis penyelaman hingga penyelamatan dalam penyelaman darurat. Unik kan!

Ilmu Sains Olahraga dan Gerak
Bila kamu menyukai olahraga, jurusan ini akan mengajarkan teori dan praktik mengenai ilmu gerakan senam yang berpengaruh terhadap kesehatan, kebugaran, dan penanggulangan penyakit. Mahasiswa jurusan ini akan mempelajari mengenai biomekanik, perilaku motorik, fisiologi olahraga, dan lainnya.

Oseanografi
Apaan ini? Bidang studi ini akan mengajarkan para mahasiswa tentang seluk-beluk laut, yang kemudian diaplikasikan ke banyak bidang, seperti rekayasa lingkungan, penelitian bencana laut, perikanan, dan mitigasi bencana. Prospek jurusan ini sangat besar, apalagi wilayah terbesar Indonesia adalah lautan. Ada dua universitas di Indonesia yang memiliki jurusan ini, yakni Institut Teknologi Bandung dan Universitas Halu Oleo Sulawesi Tenggara.

Ilmu Pandai Besi
Terlihat kuno ya! Di jurusan ini, mahasiswa akan mendalami cara mengembangkan keterampilan tangan untuk memproduksi karya seni dari logam atau besi yang memiliki nilai-nilai estetika. Lulusan jurusan ini memiliki prospek karir di bidang akademik maupun museum, serta bisa juga menjadi seniman.

Teknologi Game
Nah, yang ini pasti kamu suka! Di jurusan ini, mahasiswa akan ditempa mengenai dasar-dasar mengembangkan industri game, mulai dari kemampuan teknis, desain, sosial dan komunikasi, serta kemampuan bisnis. Di Indonesia, ada cukup banyak jurusan teknologi game, seperti di Institut Teknologi Bandung, Institut Teknologi Sepuluh November, hingga Universitas Negeri Malang.

Kesenian Pewayangan
Yang ini juga nampak kuno ya! Tapi, tunggu dulu, lulusan dari jurusan ini juga memiliki prospek yang cerah. Di jurusan ini, mahasiswa akan belajar seluk-beluk pewayangan, seni boneka, serta ilmu untuk mengatur dan membuat sebuah penampilan boneka. Di Indonesia, ada beberapa universitas yang membuka jurusan ini. Universitas Connecticut juga memiliki jurusan ini.

Ilmu Studi Holokaus
Holokaus adalah genosida terhadap sekitar enam juta penganut Yahudi Eropa selama Perang Dunia II. Di jurusan unik yang bisa ditemui di Elmhurst College ini, mahasiswa akan mempelajari mengenai sejarah, karakteristik, efek, dan implikasi keadilan sosial di dunia dari fenomena Holokaus.

So, itulah 10 jurusan unik di dunia yang bisa menjadi pilihan kamu. (yp)


* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat, dan teman-temanmu




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*