5 Tips Mengajar bagi Guru di Tahun Ajaran Baru




Kiat Mengajar Tahun Ajaran Baru
Ilustrasi: Kiat Mengajar Tahun Ajaran Baru

JAKARTA, KalderaNews.com- Tahun ajaran baru telah dimulai. Tidak hanya para siswa saja yang harus mempersiapkan diri, tetapi Bapak dan Ibu Guru juga harus menyiapkan dirinya agar proses belajar mengajar di tahun ajaran baru ini bisa lebih baik dari tahun ajaran sebelumnya.

Agar pembelajaran di kelas maksimal, maka tahap persiapan menjadi amat penting. Nah, persiapan apa saja sih untuk menjalani tahun ajaran baru ini:

Membuat Rencana Pembelajaran
Rencana pembelajaran merupakan hal penting pertama yang harus disiapkan guru. Rencana pembelajaran inilah yang nantinya akan bermanfaat sebagai pemandu pembelajaran di kelas. Pembuatan rencana pembelajaran harus menitikberatkan pada metode pengajaran tiap pertemuan, agar guru bisa mengembangkan kegiatan yang seharusnya dilakukan di kelas.

BACA JUGA:

Mempersiapkan Bahan Ajar
Mempersiapkan bahan ajar adalah hal penting kedua yang perlu dilakukan para guru. Setiap bahan ajar biasanya terdiri dari materi pembelajaran, latihan, kuis, hingga konsep PR bagi para siswa. Bahan ajar yang baik adalah yang dibuat guru sendiri. Maka, buatlah semacam rangkuman materi pembelajaran setiap mata pelajaran yang akan diajarkan selama sepekan atau bahkan satu semester. Rangkuman itulah yang nanti bisa diajarkan ke para siswa.

Merancang Media Pembelajaran
Ada beraneka media pembelajaran, mulai dari menggunakan alat peraga seperti boneka atau tulang buatan, sampai menggunakan proyektor. Untuk menentukan media pembelajaran yang tepat, para guru bisa menyesuaikan dengan kondisi fasilitas yang ada di sekolah. Misal jika punya bahan ajar matematika dalam versi digital namun tidak ada proyektor di sekolah, maka ada baiknya mempersiapkan media pembelajaran dalam bentuk yang lain.

Cari Tahu Informasi Tentang Siswa
Sebelum guru bertemu dengan para siswa, sebaiknya guru mengenal setiap siswa dalam kelas secara individu. Memang, proses mengenal para siswa akan berjalan terus sepanjang tahun ajaran, tapi akan lebih baik lagi jika gguru memulainya sejak tahun ajaran dimulai.

Kesan Pertama yang Menyenangkan
Pada masa awal masuk sekolah, para siswa biasanya masih malas-malasan. Di sinilah tugas guru membuat sekolah tidak membosankan bagi para siswa. Maka, buatlah kesan pertama yang menyenangkan. Meskipun proses belajar butuh keseriusan, tapi jangan lupa menyelipkan humor saat memulai perkenalan diri atau saat mengajar. Lewat humor biasanya suasana kelas bisa lebih cair, dan bisa meningkatkan konsentrasi para siswa.

Nah, itulah beberapa tips bagi para guru di awal tahun ajaran baru ini. Selamat mencoba! (yp)

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*