Berapa Sih Gaji Fresh Graduate? Ini Hasil Survei BPS




Gaji Fresh Graduate
Ilustrasi: Gaji Fresh Graduate

JAKARTA, KalderaNews.com –  Jagat maya masih riuh dengan perihal gaji Rp 8 juta untuk fresh graduate. Lantaran viral di mana-mana, Badan Pusat Statistik (BPS) sempat merilis hasil survei soal rata-rata gaji bersih sebulan karyawan. Survei itu disusun berdasarkan kategori kelompok umur dan jenis pekerjaan utama, bukan berdasarkan tingkat pendidikan karyawan. BPS melakukan survei terkait gaji pada Agustus 2018. Namun, data ini sudah diperbarui pada Maret 2019.

BACA JUGA:

Hasilnya, rata-rata gaji bersih karyawan di kelompok umur 20-24 tahun hanya Rp 2.240.116 per bulan. Asumsinya, di kelompok umur inilah fresh graduate berada. Gaji paling tinggi bagi fresh graduate menurut survei BPS ada di jenis pekerjaan tenaga kepemimpinan dan ketatalaksanaan. Gaji bersih rata-rata di jenis pekerjaan tenaga kepemimpinan dan ketatalaksanaan ini adalah Rp 3.327.742 per bulan. Selisihnya dengan rata-rata gaji bersih kelompok umur 20-24 tahun sekitar Rp 1,1 juta.

Sementara rata-rata gaji bersih terendah diterima oleh fresh graduate yang bekerja sebagai tenaga profesional, teknisi, dan yang sejenis. Gaji yang diterima fresh graduate di jenis pekerjaan ini sebesar Rp 1.701.183 per bulan. Gaji tertinggi diterima oleh kelompok umur 55 tahun sampai 59 tahun yang bekerja sebagai tenaga kepemimpinan dan ketatalaksanaan. Rata-rata gaji yang diterima golongan pekerja senior ini adalah Rp 7.830.255 per bulan. (yp)

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*