Jadi Rektor UI 2019-2024 Inilah Profil Lengkap Prof. Ari Kuncoro




JAKARTA, KalderaNews.com – Prof. Ari Kuncoro, S.E., M.A., Ph.D  (Prof. Ari Kuncoro) akhirnya terpilih sebagai Rektor UI periode 2019-2024 setelah diadakan pemungutan suara (voting) oleh Majelis Wali Amanat (MWA) UI di Kampus UI Depok, Rabu, 25 September 2019.

Setelah memasuki tahap tiga besar, Ari Kuncoro yang juga menjabat sebagai Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis UI mengungguli dua kandidat kuat lain, Prof. Abd Haris dan Prof. Budi Wiweko.

“Saya rasa istilahnya bukan kemenangan, tapi estafet. Pak Rektor Anis sudah bilang the next level of excellence. So, what’s next the next level of excellence. Begitulah seterusnya sehingga kita bisa membuat perbaikan yang terus-menerus,” ujar Ari Kuncoro sesuai terpilih sebagai Rektor UI periode 2019-2024, Rabu siang.

BACA JUGA:

Sebelum mengerucut menjadi tiga besar, terdapat tujuh calon rektor UI. Keempat calon lainnya yaitu Agustin Kusumayati, Arissetyanto Nugroho, Prof. Bambang Wibawarta dan Prof. Hikmahanto Juwana. Siapakah sebenarnya Prof. Ari Kuncoro itu?

Ari Kuncoro adalah seorang dosen FEUI yang juga sering menjadi dosen tamu di berbagai universitas di dunia. Ia sering pula mengajar di Amerika Serikat. Ia tamat dari FEUI pada tahun 1986. Pada saat itu konsentrasi yang dia pilih adalah di bidang ekonomi moneter dengan judul skripsi “Prospect of Deficit Financing in Indonesia: A Simulation Study Using Macro Econometric Model”.

Setelah itu, ia melanjutkan jenjang masternya di Master of Arts, University of Minnesota, USA dan memperoleh gelar S2-nya pada tahun 1990 dengan konsentrasi Development Economics. Tesis yang beliau tulis berjudul “Technical Efficiency in Indonesian Manufacturing Industry: Estimation with Stochastic Frontier of Production Function”.

Pada 1994 ia makin mengukuhkan profesinya dalam bidang ekonomi dengan menamatkan program doktornya dari Brown University. Konsentrasi yang beliau ambil juga semakin terfokus, yaitu pada Urban Economics, Industrial Organization and Applied Micro Econometrics.

Dalam perjalanan karirnya, ia  sudah banyak mengabdikan diri di berbagai lembaga. Setelah memperoleh gelar doktornya, ia kembali ke tanah air dan mulai menjalani karirnya sebagai peneliti di LPEM-FEUI, sejak tahun 1994 hingga saat ini. 

Ia mulai bekerja di LPEM FEB UI pada tahun 1986 sebagai asisten peneliti dan di tahun 1994, dia diangkat menjadi Research Associate di Lembaga Penyelidikan Ekonomi Masyarakat (LPEM FEB UI). Bidang penelitian yang difeluti beliau adalah ekonomi pembangunan, ekonomi perkotaan, ekonometrika dan organisasi industri.

Sebelum diangkat menjadi Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Indonesia (FEB UI), ia aktif di LPEM FEB UI melakukan banyak kegiatan penelitian dengan topik yang bervariasi. Di masa lalu ia juga pernah menjabat sebagai sekretaris program pascasarjana Ilmu Ekonomi, Universitas Indonesia dan Wakil Dekan bidang kegiatan akademik FEB UI. Ari Kuncoro juga menulis artikel ilmiah untuk beberapa jurnal internasional seperti Journal of Political Economy, Bulletin of Indonesia Economic Studies, Economics and Finance in Indonesia, dan World Bank Economic Review.
Ia juga sempat menjadi pembantu dekan bagian akademik FEUI pada 1998. Selain itu, ia juga pernah menjadi sekretaris di program pasca sarjana FEUI pada tahun 1996.
Hingga saat ini, ia  masih aktif mengajar beberapa mata kuliah seperti Makroekonomi, Mikroekonomi dan sering pula menjadi dosen tamu di beberapa perguruan tinggi di dalam dan luar negeri.

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*