UGM Juara Bertahan PimNas, Disusul IPB dan Undip

UGM Juara PimNas 2019
UGM Juara PimNas 2019

DENPASAR, KalderaNews.com –  Universitas Gadjah Mada (UGM) kembali berhasil menjadi juara umum dalam gelaran Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas) atau Adhikarta Kertawidya. Dari 25 tim Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) yang lolos, UGM memborong 26 medali; empat medali emas dari presentasi karya ilmiah, lima medali emas dari poster, lima medali perak dan lima medali perunggu dalam presentasi karya ilmiah, serta tiga perak dan empat perunggu untuk poster ilmiah.

BACA JUGA

Satu karya yang diganjar medali emas berasal dari PKM Kewirausahaan-1, yakni bisnis karakter boneka “Pongo, Rhino, Para”. Sebuah bisnis yang mempromosikan wisata Indonesia dengan hewan langka sebagai boneka yang dilengkapi dengan information tag yang dikaitkan di lengan boneka, yang berisi aneka fakta unik terkait objek wisata unggulan Indonesia.

Sementara, posisi kedua ditempati Institut Pertanian Bogor (IPB). IPB mengirimkan 23 tim yang berhasil meraup tiga emas, dua perak dalam presentasi karya ilmiah, serta tiga emas, satu perak, dan tiga perunggu dalam poster ilmiah.

Posisi ketiga diduduki Universitas Diponegoro Semarang (Undip). Undip berhasil mengumpulkan dua medali emas, satu perak, dan satu perunggu dalam presentasi karya ilmiah, serta lima emas, dan dua perak pada poster.

Melalui gelaran Pimnas ini, ujar Direktur Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Dirjen Belmawa), Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi, Ismunandar, dapat memberikan kontribusi nyata untuk pengembangan sikap ilmiah (scientific attitude) dalam diri mahasiswa. “Saya berharap, mahasiswa terus meneliti dan berinovasi. Tidak berhenti di Pimnas. Tantangan masa depan akan kian sulit dan harus diselesaikan dengan inovasi dalam bidang teknologi, sains, maupun humanity,” kata Ismunandar.

Jumlah peserta Pimnas ke-32 merupakan yang terbesar dibanding tahun-tahun sebelumnya, yaitu sebanyak 1.614 mahasiswa dan 460 dosen pendamping dari 70 perguruan tinggi negeri dan 56 perguruan tinggi swasta seluruh Indonesia. Mereka terbagi dalam 460 tim terpilih dari Program Kreativitas Mahasiswa, yang didanai tahun 2019 sebanyak 3.621 Proposal. (yp)

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*