Universitas Kristen Maranatha Tunda Wisuda dan Semprot Cairan Disinfektan




Penyemprotan cairan disinfektan untuk cegah Corona di Universitas Kristen Maranatha Bandung, Senin, 16 Maret 2020
Penyemprotan cairan disinfektan untuk cegah Corona di Universitas Kristen Maranatha Bandung, Senin, 16 Maret 2020 (KalderaNews/Dok. Bidkom-Ditinfo)

BANDUNG, KalderaNews.com – Rektor Universitas Kristen Maranatha, Prof Ir Sri Widiyantoro MSc PhD melalui Surat Edaran No. 279/REK/UKM/INT/III/2020 mengumumkan langkah-langkah konket untuk kewaspadaan dan pencegahan penyebaran Covid-19.

Langkah-langkah tersebut termasuk pembatasan perkuliahan tatap muka dan mengubah kegiatan belajar mengajar menjadi kuliah online atau pembelajaran jarak jauh. Selain mengubah perkuliahan menjadi pembelajaran jarak jauh, rektorat juga mengumumkan ditundanya kegiatan Wisuda Periode 2019/2020.

“Mengubah kegiatan belajar mengajar dalam bentuk kuliah tatap muka menjadi kuliah online (Pembelajaran Jarak Jauh/PJJ) terhitung sejak hari Senin, 16 Maret 2020 sampai dengan hari Jumat, 27 Maret 2020. Pembelajaran dapat menggunakan media pembelajaran berbasis online apa pun, tetapi tetap progresif dan terpantau oleh dosen pengampu sehingga dapat dibuktikan dari communication log. Petunjuk pelaksanaan kegiatan belajar mengajar online (Pembelajaran Jarak Jauh/PJJ) akan diatur dalam surat terpisah,” tandasnya.

BACA JUGA:

Kendati kuliah tatap muka ditiadakan sementara, kegiatan belajar mengajar dalam bentuk praktik (praktik laboratorium, praktik klinik, praktik di industri dan praktik di berbagai institusi) tetap diselenggarakan dengan terlebih dahulu memastikan bahwa tempat-tempat praktik tersebut menerapkan pencegahan penyebaran infeksi Covid-19. Apabila diperlukan, pimpinan Fakultas/Program Studi dapat melakukan penjadwalan ulang penyelenggaraan praktik tersebut disesuaikan dengan perkembangan keadaan.

Sementara itu, kegiatan belajar mengajar dalam bentuk praktik lapangan di masyarakat ditunda atau digantikan dengan metode pembelajaran lain yang akan ditentukan oleh pimpinan fakultas/program studi.

Adapun pelaksanaan Ujian Tengah Semester (UTS) mulai tanggal 30 Maret 2020 sampai dengan 8 April 2020 akan dilaksanakan dalam bentuk take home test atau bentuk lain yang tidak perlu hadir di kampus. Begitu juga dengan kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang melibatkan pengambilan data dan aktivitas bersama masyarakat dapat dilaksanakan dengan disertai tindakan kewaspadaan dan pencegahan penyebaran infeksi Covid-19 atau dapat melakukan penjadwalan ulang disesuaikan dengan perkembangan keadaan.

“Pelaksanaan Wisuda Periode II Tahun Akademik 2019/2020 yang akan dilaksanakan pada hari Sabtu, 25 April 2020 ditunda dan akan dijadwalkan ulang sesuai dengan perkembangan keadaan,” tandasnya seperti dikutip dari laman resmi UK Maranatha.

BACA JUGA:

Sementara itu, untuk menjaga lingkungan kampus agar tetap kondusif, dilakukan juga penyemprotan gedung-gedung kampus dengan cairan disinfektan.

“Penyemprotan sudah mulai dilakukan pada Minggu (15 Maret 2020), dimulai dari GWM (Grha Widya Maranatha) dan GAP (Gedung Administrasi Pusat), terutama pada fasilitas-fasilitas publik yang rentan,” jelas Direktur Sarana dan Prasarana Universitas Kristen Maranatha, Drs. Alexandrey Mangundjojo,.

Pada Senin, 16 Maret 2020 kemarin penyemprotan berlanjut ke ruang-ruang kelas dan kantor, juga beberapa gedung lainnya. Penyemprotan cairan disinfektan yang dilakukan di area publik merupakan salah satu cara untuk mencegah penyebaran virus corona. Sarana publik yang terpapar virus, misalnya gagang pintu, tombol lift, railing tangga, berisiko tersentuh dan kemudian menyebarkan virus kepada orang yang menyentuhnya.

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*