3 Langkah Manajemen Waktu Kuliah Sambil Bekerja

Bagi mahasiswa yang kuliah sambil kerja merupakan tantangan tersendiri untuk membuat kedua hal penting berjalan lancar. Seringkali muncul masalah manajemen waktu ketika kuliah sambil bekerja (KalderaNews.com/Ist)

JAKARTA, KalderaNews.com – Memulai suatu perkuliahan pasti memerlukan pengorbanan yang tidak sedikit. Ada mahasiswa yang sibuk organisasi atau bekerja seperti mengikuti magang atau full time. Bagi mahasiswa yang kuliah sambil kerja merupakan tantangan tersendiri untuk manajemen waktu keduanya supaya efektif. Berhubung kuliah merupakan aktivitas yang perlu waktu banyak, seringkali muncul permasalahan ketidakmampuan manajemen waktu antara kuliah dan bekerja.

Kenali Kapasitas Diri

Demi menghindari ketidakaruan antara kuliah dan bekerja, maka seorang mahasiswa harus memiliki manajemen waktu yang baik. Ketika mengambil sebuah keputusan, mahasiswa harus menyadari kapasitas dirinya. Tanyakan pada diri sendiri sampai sejauh mana ia mampu mengambil pekerjaan. Jangan sampai melewati batas karena akan mengakibatkan kesulitan pada diri sendiri.

Kuliah Adalah Prioritas

Biaya kuliah yang kurang terjangkau terkadang membuat mahasiswa harus kuliah sambil bekerja. Entah itu untuk membantu orang tua membayar kuliah, membayar biaya hidup, dan lain sebagainya. Akan tetapi, jangan sampai lupa untuk menyelesaikan kuliah. Bagaimanapun, kuliah tetap menjadi prioritas ketika memutuskan disambi bekerja.

BACA JUGA:

Pilih Pekerjaan yang Tidak Terlalu Overload

Pilihlah pekerjaan yang dapat menyesuaikan dengan waktu kuliah, baik itu magang, paruh waktu, atau full time. Pastikan waktu bekerja bisa fleksibel, sehingga tidak terlalu menyulitkan mahasiswa ketika kuliah. Ingatlah bahwa mahasiswa yang bekerja memiliki tiga kepribadian yang harus seimbang, yaitu kuliah, bekerja, dan waktu untuk diri sendiri.

Kuliah sambil bekerja merupakan tantangan yang harus dipikirkan secara matang, namun tidak perlu khawatir juga. Tekad yang kuat akan membantu mahasiswa dalam menyelesaikan kewajibannya. Semoga tips ini dapat membantu!

*Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat, dan teman-temanmu

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*