Selamat Tinggal Mata Capek, Ini 4 Cara Pencegahannya!

Ilustrasi mata lelah (KalderaNews/Ist)
Ilustrasi mata lelah (KalderaNews/Ist)

JAKARTA, KalderaNews.com – PSBB mewajibkan pekerja dan siswa untuk bekerja serta belajar dari rumah. Aktivitas di rumah tentu memerlukan waktu banyak untuk duduk berhadapan dengan gawai, baik laptop atau smartphone.

Duduk lama di depan gawai ternyata bisa bikin mata capek. Jika sudah capek, bagaimana pemulihan dan pencegahan untuk meminimalisirnya? Tip berikut dapat membantu pejuang kerja dan sekolah daring.

Jarak Ideal Mata dan Layar Gawai 50-66 cm

Buat jarak antara mata dan layar terasa nyaman. Jarak idealnya ialah 50 -66 cm. Gunakan filter cahaya pada layar untuk mengurangi radiasi. Selain itu, bagi anak atau pekerja yang berkacamata dapat mempertimbangkan untuk menggunakan filter radiasi pada kacamatanya.

BACA JUGA:

Bukan hanya kacamata khusus, kini filter anti radiasi juga dapat dipakai di kacamata minus atau plus. Selain itu, bersihkan debu dan sidik jari dari layar. Noda pada layar dapat mengurangi kontras, sehingga Anda harus meningkatkan cahaya.

Atur Ruangan dengan Pencahayaan Bagus

Sesuaikan penerangan ruangan agar jangan sampai terlalu terang dan terlalu gelap. Lalu, gunakan kursi yang dapat diatur ketinggiannya. Anda juga dapat menggunakan meja lipat untuk menyesuaikan posisi belajar atau bekerja.

Jangan Lupa Istirahat Sejenak

Istirahatkan mata setiap 20 menit sekali dengan melihat ke arah yang lebih luas, sekitar 6 meter. Kamu juga bisa istirahat sejenak dengan bermain bersama hewan peliharaan, lalu mulai belajar dan bekerja lagi.

Selalu Peduli Pada Mata Anda

Belajar dan bekerja memang menjadi kewajiban, akan tetapi jangan lupakan kesehatan mata Anda. Tanpanya, Anda akan kebingungan menyelesaikan tugas dari guru. Tanpanya pula, pekerjaan tidak bisa tuntas. Jika mata berasa kering, maka kompres dengan handuk hangat dengan kondisi mata ditutup. Gunakan pula tetes mata yang aman untuk dikonsumsi.

Kadangkala mata menjadi iritasi karena filter ruangan yang berdebu. Ingatlah bahwa debu dapat mengganggu jarak pandang. Anda dapat menguraninya dengan memasang tanaman yang dapat menyerap debu ruangan.

Itulah tip dasar menjaga kesehatan mata saat sekolah dan bekerja daring. Selalu peduli pada kesehatan diri merupakan kunci utama untuk bertahan di masa PSBB ini.

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*