Begini Pedoman Peringatan Hari Guru Nasional 2020, 25 November

Ilustrasi: Pedoman Hari Guru Nasional 2020. (KalderaNews.com/repro: y.prayogo)
Ilustrasi: Pedoman Hari Guru Nasional 2020. (KalderaNews.com/repro: y.prayogo)

JAKARTA, KalderaNews.com – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengeluarkan pedoman untuk peringatan Hari Guru Nasional 2020. Semua kegiatan dalam rangka Hari Guru Nasional 2020 mesti mematuhi protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19.

Tema peringatan Hari Guru Nasional 2020 yang telah ditetapkan Kemendikbud adalah “Bangkitkan Semangat Wujudkan Merdeka Belajar”. Pun logo peringatan Hari Guru Nasional 2020 telah dirilis beberapa waktu lalu.

BACA JUGA:

Pada Rabu, 25 November 2020 pukul 08:00 WIB, Kemendikbud akan menggelar upacara bendera peringatan Hari Guru Nasional 2020 secara tatap muka, terbatas, minimalis, dan memperhatikan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 yang telah ditetapkan pemerintah tanpa mengurangi makna, semangat, dan kekhidmatan acara.

Instansi pusat, daerah, satuan pendidikan, serta kantor perwakilan Republik Indonesia di luar negeri yang berada dalam wilayah zona hijau dan kuning juga diperkenankan menyelenggarakan upacara bendera secara tatap muka, terbatas, dan minimalis dengan berpedoman pada ketentuan yang ditetapkan oleh Kemendikbud.

Sementara, yang berada di wilayah zona oranye dan merah diimbau untuk mengikuti upacara bendera melalui siaran langsung di kanal Youtube Kemendikbud atau melalui saluran TV Edukasi dari rumah atau tempat tinggal masing-masing.

Kemendikbud juga mengimbau instansi pusat, daerah, satuan pendidikan, serta kantor perwakilan Republik Indonesia di luar negeri menggelar aktivitas atau kegiatan memperingati Hari Guru Nasional 2020 secara kreatif, menjaga dan membangkitkan semangat belajar di masa darurat Covid-19, mendorong pelibatan dan partisipasi publik, dengan mematuhi protokol kesehatan.

Hari Guru Nasional 2020, 25 November bertepatan dengan hari ulang tahun Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) ke-75. PGRI sudah berdiri sejak 1945 sebenarnya, tapi baru pada 1994, pemerintah lewat Kepres No 78 Tahun 1994 menetapkan tanggal berdirinya PGRI sekaligus jadi Hari Guru Nasional. Penetapan ini pun ditegaskan lagi lewat UU No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.

PGRI juga telah merilis rangkaian kegiatan menyambut Hari Guru Nasional 2020. Dikutip dari laman resmi PGRI, pengurus PGRI di semua tingkatan akan menggelar upacara bendera pada 25 November mendatang.

Selain itu, pada 27-28 November akan digelar webinar bertajuk “Pengalaman PJJ di Era Pandemi Covid-19”. Puncak peringatan HUT ke-75 PGRI dan Hari Guru Nasional 2020 akan diadakan pada 28 November 2020.

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*