Kemah Budaya Kaum Muda 2020, Pijakan Memajukan Budaya

Ilustrasi: Kemah Budaya Kaum Muda 2020 yang merupakan program unggulan Direktorat Jenderal Kebudayaan Kemendikbud. (KalderaNews.com/Dok. Kemendikbud)
Ilustrasi: Kemah Budaya Kaum Muda 2020 yang merupakan program unggulan Direktorat Jenderal Kebudayaan Kemendikbud. (KalderaNews.com/Dok. Kemendikbud)

JAKARTA, KalderaNews.com – Direktur Jenderal (Dirjen) Kebudayaan, Kemendikbud, Hilmar Farid mengatakan, Kemah Budaya Kaum Muda merupakan batu pijakan bagi generasi muda dalam rangka pemajuan kebudayaan. Kemah Budaya Kaum Muda 2020 adalah program unggulan Direktorat Jenderal Kebudayaan Kemendikbud.

BACA JUGA:

“Pemberian apresiasi ini bukanlah akhir dari sebuah perjalanan untuk semua peserta, namun masih menjadi jalan panjang. Saya berharap, karya yang dihasilkan bisa berkontribusi bagi upaya untuk memajukan kebudayaan untuk masyarakat luas,” tutur Hilmar Farid, pada malam apresiasi dan penutupan KBKM tingkat nasional tahun 2020 yang dilaksanakan melalui konsep hybrid event secara dalam jaringan (daring) dan luar jaringan (luring).

Dalam gelaran Kemah Budaya Kaum Muda 2020, tercatat 717 kelompok atau total 3.450 orang sebagai pendaftar kompetisi kategori aplikasi dan prakarya. Kompetisi ini digelar secara berjenjang secara daring dan luring.

Berdasarkan proses seleksi, diputuskan pemenang untuk kategori aplikasi:

  • Juara I diraih Amogasakti dari regional Yogyakarta II.
  • Juara II diraih Bhakti Indonesia Traya dari regional Bali, Kalimantan, Sulawesi Utara, Maluku, dan Papua.
  • Juara III diraih Patih Sampun dari regional Yogyakarta I.

Untuk pemenang kategori prakarya:

  • Juara I diraih Teman Bocil dari regional Jawa Barat.
  • Juara II diraih Nucalale dari regional Bali, Kalimantan, Sulawesi Utara, Maluku, dan Papua.
  • Juara III diraih Keuneubah Indatu dari regional Aceh dan Kepulauan Riau.

Kriteria penilaian berdasar kebermanfaatan, substansi budaya, kekompakan tim, potensi investasi, dan cara menyajikan materi. Para pemenang mendapatkan piagam penghargaan serta uang tunai pembinaan.

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*