Simak, 3 Tip Dasar Bantu Guru Mempelajari Teknologi Baru

Ilustrasi siswa dan guru adaptasi dengan teknologi (KalderaNews/Ist)
Ilustrasi siswa dan guru adaptasi dengan teknologi (KalderaNews/Ist)

JAKARTA, KalderaNews.com – Melatih guru untuk mahir menggunakan teknologi merupakan hal yang menantang, terutama di Indonesia yang masih kekurangan infrastruktur teknologi. Namun, bukan berarti sekolah diam saja, melainkan dapat berinisiatif untuk melatih guru supaya dapat beradaptasi.

Guru di Indonesia juga memiliki semangat untuk belajar hal baru mengenai belajar secara digital. Akan tetapi, seringkali mereka kebingungan dari segi akses dan tata cara menggunakan teknologi. Dilansir dari edutopia, 3 tip dasar ini dapat membantu sekolah untuk merancang pelatihan guru supaya melek teknologi.

Membuat Tim Belajar Digital


Sekolah membutuhkan tim yang berfungsi seperti komunitas pembelajaran profesional atau dapat disebut dengan Tim Pembelajaran Digital. Melalui tim ini, rekan kerja dapat terhubung untuk saling mendukung, berbagi ide, dan membangun keterlibatan siswa.

BACA JUGA:

Contohnya, sekolah membentuk Tim Pembelajaran Digital yang terdiri dari lima guru yang inovatif dan paham teknologi dari berbagai bidang konten pendidikan. Masing-masing memiliki keahlian dan pengalaman yang unik, sehingga mereka diperlengkapi untuk memenuhi kebutuhan beragam siswa. Tim berkumpul setiap minggu untuk terus menilai dan mengembangkan ide dan teknik baru yang memenuhi kebutuhan guru dan siswa.

Ada Ketua pada Tim Pembelajaran Digital

Masing-masing dari lima anggota pelatihan ditugaskan ke departemen untuk melatih dan mendukung ketua tim menyediakan platform yang menampilkan instruksi individual seperti Flipgrid, Pear Deck, dan TeacherMade, serta aplikasi inovatif untuk platform Zoom atau Google.

Para ketua secara teratur memeriksa departemen yang mereka bina dan memberikan pelajaran mini khusus untuk area konten mereka, seperti cara menggunakan fitur word di Gdrive for education, sehingga siswa dapat memecahkan latihan soal secara bersama-sama.

Sediakan Buletin Pembelajaran Digital

Buletin pembelajaran digital bagi guru dapat menjadi ide praktis. Buatlah buletin yang berisi penjelasan fitur-fitur pembelajaran daring terbaru. Setiap bulan guru menerima buletin pembelajaran digital yang menyoroti platform atau situs web. Setiap buletin berisi ikhtisar, tutorial video, dan tata cara menggunakan platform.

Jangan memukul rata semua keadaan guru bahwa mereka dapat mengerti teknologi tanpa arahan. Seharusnya, sekolah dapat menjadi tempat untuk mengembangkan kemampuan guru yang memiliki semangat beradaptasi.

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*