Ini Alasan Pemerintah Tetap Gelontorkan Kuota Internet Gratis pada 2021




Pembelajaran online peserta didik saat belajar di rumah karena wabah virus Corona
Pembelajaran online peserta didik saat belajar di rumah karena wabah virus Corona (KalderaNews/Malena)

JAKARTA, KalderaNews.com – Plt Sekjen Kemendikbud, Ainun Naim memastikan pemerintah akan melanjutkan pemberian bantuan kuota data untuk para insan pendidikan di 2021.

Hasil survei dan evaluasi menunjukkan pemanfaatan kuota internet itu yang sangat tinggi. Bantuan kuota data ini telah membantu pembelajaran di masa pandemi pada 2020 lalu. Oleh karena itu, di tahun 2021 alokasi kuota internet ini masih akan dilakukan.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) saat ini tengah merumuskan untuk menyempurnakan bantuan kuota ini sehingga penyalurannya akan lebik baik lagi.

BACA JUGA:

“Kita akan berusaha untuk menempuh dengan cara yang lebih baik. Oleh karena itu, sekarang sedang kita rumuskan besaran dan juga cakupannya seperti apa,” ujarnya.

Diketahui, Kemendikbud mengalokasikan dana sebesar Rp7,2 triliun untuk pemberian kuota internet yang akan disalurkan melalui nomor ponsel yang terdaftar pada Dapodik dan PD-Dikti.

Siswa akan mendapat 35 GB/bulan, guru akan mendapat 42 GB/bulan, mahasiswa dan dosen 50 GB/bulan.

Bantuan kuota data internet yang diberikan pemerintah bagi guru, siswa, mahasiswa, dan dosen dalam menjalani Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) selama masa pandemi Covid-19 sebenarnya terdiri dari dua jenis, yakni kuota umum dan kuota belajar.

Kuota umum berarti yang dapat digunakan untuk mengakses seluruh laman dan aplikasi, sedangkan kuota belajar berarti yang hanya dapat digunakan untuk mengakses laman dan aplikasi pembelajaran dengan daftar yang tercantum pada http://kuota-belajar.kemdikbud.go.id/

Alokasi kuota yang diberikan yakni untuk peserta didik Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) sebanyak 20 GB/bulan, peserta didik jenjang pendidikan dasar dan menengah 35 GB/bulan, pendidik pada PAUD dan jenjang pendidikan dasar dan menengah 42 GB/bulan, serta untuk mahasiswa dan dosen 50 GB/bulan. Seluruhnya mendapatkan kuota umum sebesar 5 GB/bulan, sisanya adalah untuk kuota belajar.

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*