Bangun Literasi Digital, Menkominfo: Wujudkan Indonesia Digital Nations




Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate (KalderaNews.com/Kominfo)
Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate (KalderaNews.com/Kominfo)

JAKARTA, KalderaNews.com – Untuk membangun literasi digital, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mengajak pemerintah daerah (Pemda) bekerja sama melalui program Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) Siberkreasi.

Melansir siaran pers resmi, Kominfo mendorong Pemda merealisasikan 4 pilar utama yaitu digital skills, digital ethics, digital culture dan digital safety dalam upaya mewujudkan Indonesia menjadi digital nations.

Menteri Kominfo Johnny G. Plate menjelaskan bahwa Pemda perlu ikut andil dalam mengedukasi masyarakat mengenai 4 pilar tersebut dan menjelaskan mengenai kegunaan serta bahaya dari ruang digital.

“Kita sama-sama tahu bagaimana etika dibutuhkan di ruang digital, jangan sampai digunakan antar masyarakat untuk saling menyerang, menyebarkan berita bohong, hoaks, hate speech dan sebagainya.” Jelas Menteri Johnny.

BACA JUGA:

Tidak hanya mengedukasi masyarakat, program ini merupakan bentuk komitmen pemerintah dalam menyiapkan SDM yang lebih tangkas dan produktif dalam melakukan berbagai kegiatan di ruang digital.

Sementara itu, dalam pelaksanaannya Johnny memaparkan upaya GNLD Siberkreasi mengajak masyarakat melek literasi digital telah mencakup lebih dari 90 ribu peserta.

“Total kegiatan dilakukan secara daring ada 189, peserta yang tersertifikasi 96 ribu lebih, menjangkau 559 ribu lebih masyarakat dan total jumlah penontonnya saja lebih dari 600 ribu.” ujarnya.

Lebih lanjut dijelaskan keberadaan GNLD Sibekreasi menunjukkan negara tidak hanya infrastruktur digital namun juga menyiapkan berbagai regulasi, spektrum dan sumber daya frekuensi.

Langkah edukasi ini juga diambil untuk mengurangi digital talent gap atau ketimpangan kemampuan digital para tenaga kerja sehingga kelak diharapkan SDM Indonesia menjadi generasi yang tidak hanya melek digital namun mampu mengaplikasikannya dengan baik dalam kehidupan sehari-hari.

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*