Pantau Daerah Banjir dengan 4 Aplikasi dan Situs Ini




Hujan yang terus mengguyur Kota Bekasi 19-20 Februari 2021, sebagaimana telah diprediksi BMKG dan LAPAN menyebabkan banjir di sejumlah titik, seperti Perumahan Jatibening, Taman Permata Cikunir, Kompleks AL, Kompleks PAM dan lain-lainnya. Bahkan ketinggian banjir di Perumahan Jatibening Permai Kota Bekasi, Jawa Barat, mencapai perut orang dewasa. Akses Gerbang Tol Jatibening juga sempat terendam banjir
Hujan yang terus mengguyur Kota Bekasi 19-20 Februari 2021, sebagaimana telah diprediksi BMKG dan LAPAN menyebabkan banjir di sejumlah titik, seperti Perumahan Jatibening, Taman Permata Cikunir, Kompleks AL, Kompleks PAM dan lain-lainnya. Bahkan ketinggian banjir di Perumahan Jatibening Permai Kota Bekasi, Jawa Barat, mencapai perut orang dewasa. Akses Gerbang Tol Jatibening juga sempat terendam banjir (KalderaNews/JS de Britto)

JAKARTA, KalderaNews.com – Intensitas hujan yang tinggi membuat sejumlah daerah hari ini mengalami banjir. Data BPBD Provinsi DKI Jakarta menyebutkan sekitar 193 RT terendam banjir dengan total warga yang mengungsi mencapai 1,380 jiwa.

Tidak hanya rumah warga, banjir kali ini juga merendam beberapa ruas jalan tol seperti Tol JORR yang mengakibatkan mobilitas warga terganggu.

Bagi yang hendak bepergian, agar tidak terjebak di daerah banjir 1 situs dan 3 aplikasi berikut dapat membantu memantau titik banjir:

1. Peta Bencana

Tidak hanya melihat titik banjir di DKI Jakarta, situs petabencana.id  juga dapat digunakan untuk memantau daerah lain di seluruh Indonesia.

Cara menggunakan situs ini juga sangat mudah. Setelah masuk, ketik daerah pada kolom “Pilih Provinsi untuk Melanjutkan”. Gerakan kursor pada mouse atau touch pad laptop untuk melihat lebih detail pada peta.

Tampilan persebaran banjir di DKI Jakarta pada situs petabencana.id

Klik ikon air pada peta dan detail mengenai banjir akan ditampilkan. Berdasarkan pantauan tim Kaldera di situs tersebut, daerah RW.07 Pejaten Barat, Jakarta Selatan mengalami banjir dengan ketinggian antara 71-150cm.

BACA JUGA:

2. Peringatan Dini Banjir Jakarta

Aplikasi yang dikeluarkan oleh Dinas Sumber Daya Air Provinsi DKI Jakarta ini dapat membantu untuk melihat ketinggian muka air dari sungai-sungai di ibukota selama 24 jam terakhir.

Melalui aplikasi ini kamu juga dapat melihat langsung pantauan CCTV terkini dari kondisi pintu air sekitar.

Tidak hanya memeriksa ketinggian air, aplikasi ini juga akan memberikan prakiraan cuaca wilayah JABODETABEK dari BMKG.

Tampilan aplikasi Peringatan Dini Air Jakarta

3. Pantau Banjir

Melalui aplikasi yang dirilis oleh Pemprov DKI Jakarta ini, kamu dapat memantau ketinggian air di pintu air, pos pengamatan hingga operasional pompa air secara langsung atau real time.

Tidak hanya itu, aplikasi ini juga dapat menunjukkan laporan dari pengguna seputar status penanganan kasus yang lengkap dengan foto, alamat, serta ketinggian air.

4. Google Maps

Terakhir, ada aplikasi keluaran Google, yaitu Maps. Tidak hanya diandalkan untuk mencari jalan, aplikasi ini juga dapat menunjukkan pengguna titik daerah atau ruas jalan yang mengalami banjir.

Saat mencari suatu alamat, ikon air pada Google Maps menunjukkan bahwa jalan tersebut sedang tergenang. Dengan bantuan aplikasi tersebut, kamu juga akan mendapatkan informasi alternatif jalan lain yang dapat digunakan.

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*