BINUS University Dorong Milenial Capai Kemandirian Financial




Gedung Universitas Binus (Bina Nusantara)
Gedung Universitas Binus (Bina Nusantara) (KalderaNews/JS de Britto)

JAKARTA, KalderaNews.com – Uang memiliki peranan penting bagi keberlangsungan hidup manusia seperti membeli makanan, memenuhi kebutuhan rumah tangga, membayar biaya perkuliahan, dan lainnya.

Di tengah situasi dunia yang selalu berkembang tidak dipungkiri kebutuhan para milenial pun semakin meningkat seperti ingin selalu up to date terhadap teknologi, fashion, hingga otomotif.

Oleh karena itu, untuk meningkatkan pengetahuan dan kepedulian terhadap generasi milenial mengenai pentingnya perencanaan keuangan, Binus University mengadakan webinar dengan tema Financial Planning for Milenial.

BACA JUGA:

Webinar ini dibawakan oleh Toto Rusmanto, M.COMM, Ph.D selaku Head of Accounting Program BINUS @Bekasi pada Sabtu (27/03), melalui zoom meeting. Webinar tersebut merupakan bagian dari acara Binus Education Virtual Expo.

Melalui webinar Financial Planning for Milenial, diharapkan para milennial dapat belajar tentang perencanaan keuangan yang benar, mengevaluasi perencaan tersebut, hingga melakukan investasi.

Menurut Rusmanto alasan mengapa harus melakukan perencanaan keuangan, “agar hidup bisa lebih terencana, berkecukupan, serta dapat hidup secara mandiri bahkan bisa berbagi untuk orang lain.”

Selain itu, dia jelaskan “dengan perencanaan keuangan yang baik hidup dapat lebih bahagia di masa sekarang dan yang akan datang.”

Selain mempelajari alasan pentingnya menerapkan perencanaan keuangan, pada webinar ini juga dijelaskan cara merencanakan keuangan. Seperti menentukan prioritas kebutuhan primer yang harus diutamakan, kebutuhan sekunder, dan tersier.

Selain itu, Rusmanto juga mengajarkan “cara melakukan evaluasi keuangan dengan menjawab beberapa pertanyaan seperti apakah uang selalu tidak cukup untuk membayar hutang? Sudah bekerja selama bertahun-tahun tetapi tidak memiliki tabungan, suka berhutang untuk menutup hutang lama, dan sering berhutang ketika terdapat kebutuhan mendadak?” 

Melalui pertanyaan-pertanyaan ini para milenial dituntun untuk lebih hati-hati dalam menggunakan uang mereka. Rusmanto pun menganjurkan  agar para milenial melakukan investasi.

Dia pun menjelaskan beberapa pilihan investasi seperti logam mulia, reksa dana, properti, investasi saham atau emas, dan deposito.

Banyaknya pilihan investasi itu seharusnya memberikan banyak kemudahan bagi para milenial dalam mengalokasikan uang mereka untuk sesuatu yang lebih berguna dan berfaedah.

Dengan perencanaan keuangan yang baik dan benar, Rusmanto  berharap para milenial dapat mulai menabung dan berinvestasi untuk kebutuhan di masa mendatang.

Sehingga di kemudian hari, mereka sudah memiliki dana yang cukup dan dapat hidup mandiri tanpa bergantung pada keluarga ataupun orang lain.

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*