Sosiologi, Jurusan Sepi Penggemar Tetapi Peluang Cemerlang




Ilustrasi: Pilih Jurusan Kuliah

JAKARTA, KalderaNews.com – Sosiologi merupakan salah satu jurusan yang berada di dalam lingkup ilmu sosial dan ilmu politik. Jurusan satu ini tampak kurang terkenal dan sepi penggemar. Tidak banyak orang yang tahu tentang jurusan ini. Padahal kalau mau mengulik lebih banyak, peluangnya sangat cemerlang.

Apa saja yang dipelajari dan bagaimana peluang kerjanya? Simak, yuk.

Jurusan sosiologi merupakan jurusan yang berfokus untuk mempelajari perilaku dan sifat masyarakat, termasuk mempelajari sistem kehidupan, interaksi, karakteristik serta perkembangan masyarakat dari masa ke masa.

BACA JUGA:

Ilmu sosiologi juga mempelajari tentang hubungan antar manusia dan pengaruh dari terbentuknya hubungan-hubungan manusia tersebut.

Kalau kamu menyukai hal-hal yang bersifat riset atau pengamatan serta analisisnya, jurusan ini tepat sekali untukmu. Sebab di dalam jurusan ini kamu akan belajar tentang statistik, penelitian kuantitatif dan kualitatif, kajian isu sosial, dan studi karakteristik masyarakat dan komunitas.

Salah satu cabang ilmu sosial ini juga akan mempelajari topik seperti agama, budaya, pendidikan, hukum, dan banyak topik lainnya. Hal ini membuat lulusan sosiologi memiliki wawasan yang luas dan mampu menembus dunia kerja yang makin bersaing di masa depan.

Lulusan jurusan sosiologi ini dapat memilih dan membangun karier di berbagai bidang. Hal ini karena mereka memiliki kemampuan menganalisis yang cukup tinggi.

Lima peluang kerja yang terbuka lebar untuk para lulusan jurusan ini antara lain:

Human Resource Officer

Posisi ini ada di banyak perusahaan dan instansi. Bagian ini merupakan divisi dalam sebuah perusahaan atau instansi yang bekerja untuk menangani pegawai atau karyawan. Misalnya, melakukan rekrutmen, pembayaran, membuat laporan kondisi kerja.

Public Relation

Posisi ini biasa disebut juga dengan humas (hubungan masyarakat). Public Relation adalah pekerjaan yang menjalankan fungsi organisasi, termasuk menjalin relasi dengan media, komunitas, konsumen, industry, lembaga hingga pemerintahan. Lulusan jurusan sosiologi tepat banget untuk pekerjaan ini.

Market Research Analyst (Analis Riset Pasar)

Pekerjaan ini tidak banyak diketahui orang, tetapi merupakan posisi yang sangat penting di dalam sebuah industri atau perusahaan. Untuk melamar posisi ini lulusan jurusan sosiologi harus memiliki kemampuan dalam melakukan riset pasar. Hasil riset pasar  merupakan bahan untuk membuat strategi pemasaran yang jitu.

Non-government Organization (NGO)

Lulusan sosiologi merupakan orang yang memahami suatu kondisi masyarakat. Oleh karenanya, mereka dapat bekerja di NGO atau LSM (Lembaga Swadaya Masyarakat) karena cukup ahli dalam memahami perilaku dan kondisi sosial.

Media Planner

Atau disebut dengan perencana media. Posisi ini cukup penting sebagai ujung tombak pemasaran produk atau jasa dari sebuah perusahaan. Lulusan sosiologi sangat sesuai untuk posisi ini karena seorang perencana media haruslah orang yang mampu memahami kondisi target pasar. Bila bekerjasama dengan seorang analis riset pasar.

Jurusan ini menarik karena sebenarnya lulusannya dapat masuk ke berbagai area. Kalau kamu masih bingung menentukan untuk mengambil kuliah yang mana, jurusan ini merupakan satu alternatif yang dapat dipilih.

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan bagi pada saudara, sahabat dan teman-temanmu!




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*