3 Alasan Memilih Jurusan Sosiologi yang Harus Kamu Tahu




Ilustrasi: Inilah 10 jurusan kuliah yang paling favorit bagi pelajar SMA. (KalderaNews.com/repro: y.prayogo)
Ilustrasi: Inilah 10 jurusan kuliah yang paling favorit bagi pelajar SMA. (KalderaNews.com/repro: y.prayogo)

JAKARTA, KalderaNews.com – Jurusan sosiologi tampak sebagai jurusan yang kurang diminati. Sebagai cabang ilmu sosial, sosiologi merupakan salah satu jurusan yang kurang terkenal dibanding jurusan akuntansi, manajemen, dan hukum. Padahal sosiologi merupakan jurusan yang memiliki banyak peluang kerja yang cerah.

Simak 3 alasan jitu untuk memilih jurusan sosiologi yang harus kamu tahu agar makin yakin untuk mendaftar.

BACA JUGA:

Peluang Karier Banyak

Jurusan sosiologi merupakan jurusan yang memiliki prospek cerah. Peluang kerja untuk lulusan sosiologi banyak dibutuhkan di berbagai industri dan perusahaan. Lulusan sosiologi dapat melamar sebagai bagian human resource, analis pasar, perencana media, dan hubungan masyarakat. Lulusan sosiologi juga dapat menciptakan lapangan pekerjaan baru misalnya membuka jasa konsultan untuk data publik.  

Peluang Sebagai Influencer

Influencer merupakan posisi dan peluang yang zaman ini sedang banyak dibutuhkan berbagai pihak. Artis, politisi, dan produk dapat mencapai target dengan jasa influencer. Influencer merupakan orang yang mampu menciptakan pengaruh positif dalam kehidupan bermasyarakat.

Jurusan sosiologi sangat sesuai bila untuk membangun karier sebagai influencer ini karena mereka mampu memahami kondisi masyarakat berdasarkan kompetensi belajarnya di bangku kuliah. Influencer  merupakan peluang pekerjaan yang mampu bekerjasama dan menciptakan banyak peluang kerja baru di tengah masyarakat.

Posisi Cocok Untuk Peneliti

Bila kamu ingin menjadi seorang akademisi, peneliti atau dosen ilmu sosial, jurusan ini juga merupakan jurusan yang tepat. di dalam jurusan sosiologi akan mempelajari tentang statistik, penelitian kuantitatif dan kualitatif bidang sosial kemasyarakatan.

Mahasiswa sosiologi juga akan banyak belajar kajian perilaku masyarakat dan hasil risetnya dapat dipakai sebagai bahan untuk menyusun strategi pemasaran, misalnya. Oleh karena itu, seorang peneliti atau akademisi dengan basic ilmu sosiologi dapat dijadikan rekanan dan konsultan bagi pengembangan bisnis dan perusahaan.

Lulusan sosiologi yang memilih sebagai akademisi bahkan dapat melanjutkan jenjang pendidikan hingga ke luar negeri.  

Meskipun jurusan ini tidak banyak dikenal dan digemari, tetapi tiga alasan jitu ini dapat dipakai untuk meyakinkan orang tua dan kerabat, misalnya, ketika kamu akan mendaftar.

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan bagi pada saudara, sahabat dan teman-temanmu!




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*